Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seekor Anjing di Cile Susui Anak Balita yang Ditelantarkan Orangtuanya

Kompas.com - 06/09/2015, 06:30 WIB

SANTIAGO, KOMPAS.com — Seorang anak balita berusia dua tahun ditemukan dalam keadaan mengenaskan setelah ditelantarkan kedua orangtuanya. Anak balita itu selamat setelah disusui seekor anjing betina yang kebetulan tengah hamil.

Anak balita itu ditemukan dalam kondisi telanjang dan kotor di sebuah bengkel di kota Arica, Cile, pada Kamis (3/9/2015). Menurut sejumlah laporan media setempat, anak itu ditinggalkan tanpa makanan atau air bersih.

Sejumlah media di kota Arica mengabarkan, anak balita itu bisa bertahan hidup setelah mengisap susu seekor anjing betina bernama Reina. Anak balita itu ditemukan Lory Escudero, pemilik Reina.

"Anjing kami sedang hamil, dan anak balita yang lapar itu tampaknya menyedot puting anjing kami untuk minum susu," kata Lory Escudero.

"Sebagian besar dari kita adalah orangtua. Jika Anda melihat yang saya lihat, apalagi saya adalah seorang perempuan dan ibu, ini adalah pemandangan yang sangat menyedihkan," tambah Lory.

Setelah menemukan anjingnya tengah menyusui seorang anak balita, Lory segera memanggil polisi yang kemudian datang untuk membawa anak balita tersebut ke rumah sakit.

Kepada harian Star of Arica, kepala polisi setempat, Kapten Diego Gajardo, mengatakan bahwa ciri-ciri fisik anak itu menunjukkan bahwa ia benar-benar ditelantarkan orangtuanya. "Seorang pejalan kaki melihat anak balita itu dengan rakus menyedot puting anjing itu, mencari susu," ujar Diego.

Bocah itu kemudian dibawa ke rumah sakit, dan harus dirawat karena mengalami malanutrisi, infeksi kulit, dan dihinggapi kutu rambut. Sementara itu, polisi mencari keberadaan kedua orangtuanya.

Setelah mencari, polisi menemukan ibunya yang kemudian datang menengok ke rumah sakit, tetapi dalam kondisi mabuk berat. Namun, polisi tidak menahan ibu anak balita itu karena tak menemukan tanda-tanda kekerasan fisik di tubuh anak balita tersebut.

Sejauh ini, belum diperoleh informasi terkait alasan kedua orangtua anak balita itu menelantarkan anak mereka dan perihal keberadaan mereka saat anak balita itu ditinggalkan.

Marcela Labrana dari Komisi Perlindungan Anak Cile mengatakan, dia sangat malu dengan kasus di Arica, tempat ribuan penduduknya hidup dalam kemiskinan dan tinggal di kampung-kampung kumuh.

Saat ini, anak balita tersebut sudah selesai menjalani perawatan di rumah sakit. Ini kini ditampung di dinas sosial setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com