Kompas.com - 03/09/2015, 12:15 WIB
EditorEgidius Patnistik
BEIJING, kOMPAS.com - China menggelar parade militer besar-besaran di Beijing untuk menandai kekalahan Jepang pada Perang Dunia II.

Wartawan BBC di Beijing, Carrie Gracie, melaporkan parade tersebut diselenggarakan dalam skala terbesar yang belum pernah terjadi. Sebanyak 12 ribu serdadu dan 200 kendaraan militer, termasuk tank dan rudal, diperlihatkan di Lapangan Tiananmen. Menurut media pemerintah, 80 persen perangkat militer yang dipajang baru pertama kali dipamerkan ke publik.

Tampak hadir di antara tamu undangan ialah Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Korea Selatan Park Geun-hye, dan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon. Namun, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe serta utusan dari Amerika Serikat, Australia, dan Inggris tidak terlihat.

Saat menyampaikan pidato sambutan dalam parade tersebut, Presiden China Xi Jinping menyanjung "rakyat China yang berjuang keras dan mengalahkan agresi" Jepang.

Dia juga mengatakan bakal mengurangi kekuatan Tentara Pembebasan Rakyat dengan memangkas 300.000 personel. Namun, Xi tidak secara spesifik menyebutkan kapan hal itu akan dilaksanakan.

“Betapapun kuatnya China nanti, China tidak akan mencari hegemoni atau ekspansi. China tidak akan pernah melampiaskan penderitaan masa lalunya ke negara manapun,” kata Xi.

Tentara Pembebasan Rakyat China kini menjadi militer terbesar kedua di dunia dengan berkekuatan 2,3 juta personel. China juga memiliki anggaran pertahanan terbesar kedua di dunia setelah AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.