Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sidik Jari Pelaku Bom Bangkok Cocok

Kompas.com - 02/09/2015, 17:33 WIB
THAILAND, KOMPAS.com — Polisi di Thailand mengatakan, sidik jari seorang pria yang ditangkap terkait dengan pengeboman bulan lalu di sebuah kuil kawasan Bangkok cocok dengan sidik jari yang ditemukan pada bahan pembuat bom.

Seseorang yang diduga sebagai pelaku, yang merupakan warga asing, ditangkap di perbatasan Thailand-Kamboja pada Selasa (1/9/2015).

Polisi meyakini, dia adalah bagian penting dari jaringan di balik pengeboman yang menewaskan 20 orang tersebut.

Dia dilaporkan mirip orang yang terlihat pada rekaman kamera keamanan ketika meninggalkan sebuah ransel di Kuil Erawan.

Menurut beberapa laporan, paspor milik pria yang ditahan di perbatasan menunjukkan bahwa dia berasal dari provinsi Xinjiang, Tiongkok, yang merupakan tempat tinggal umat Islam Uighur.

Wartawan BBC di Bangkok, Jonathan Head, melaporkan, pihak berwenang Thailand ataupun Tiongkok hingga saat ini menolak untuk memastikan paspor tersangka itu.

Jika benar, maka hal itu akan membuat umat Islam Uighur sebagai tersangka utama dalam serangan bom di Kuil Erawan. Hal ini akan menjadi isu sensitif bagi kedua negara setelah deportasi dilakukan terhadap lebih dari 100 warga Uighur dari Thailand ke Tiongkok pada bulan Juli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com