Kompas.com - 01/09/2015, 18:10 WIB
EditorFarid Assifa
BEIJING, KOMPAS.com - Ketika Beijing sedang bersiap menjadi tuan rumah parade militer besar-besaran dalam merayakan berakhirnya perang Dunia Kedua, sebuah perusahaan di Shanghai memiliki cara lain dalam memperingati peristiwa tersebut.

Perusahaan tersebut membuat dan menjual es krim berbentuk kepala penjahat perang sekaligus pemimpin militer Jepang, Jenderal Hideki Tojo.

Jenderal Tojo adalah Perdana Menteri terkenal pada masa Perang Dunia Kedua. Dia dihukum mati dengan cara digantung pada tahun 1948. Dia salah satu penjahat perang yang diabadikan di Kuil Yasukuni Tokyo.

Es krim sebagai makanan penutup itu dijual di outlet-outlet Iceason, brand yang dimiliki sebuah perusahaan susu makanan milik negara di Shanghai, Bright Food.

Di setiap outlet itu terpampang sebuah poster promosi yang mengajak konsumen agar "Jangan pernah melupakan gigi nasional". Kalimat tersebut merupakan plesetan dari "Jangan pernah melupakan penghinaan nasional", sebuah slogan nasional populer yang menekankan pelanggaran kekuasaan asing di China selama abad 19 dan 20.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.