Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbaiki Mobil Dinas di Bengkel Milik Anaknya, PM Kosovo Dikritik

Kompas.com - 25/08/2015, 20:07 WIB

PRISTINA, KOMPAS.com - Perdana Menteri Kosovo Isa Mustafa terpaksa harus membela diri setelah menggunakan bengkel milik putranya untuk memperbaiki salah satu mobil dinasnya.
Langkah PM Isa itu memicu kritik terkait dugaan adanya nepotisme di negeri kecil yang digerogoti korupsi itu.

Isa Mustafa menduduki kursi perdana menteri pada Desember lalu dan berjanji untuk memberantas korupsi dan suap yang menghalangi kemajuan Kosovo sejak negeri itu melepaskan diri dari Serbia 1999 dan menyatakan kemerdekaan pada 2008.

Situs berita Jeta ne Kosove mengabarkan kantor perdana menteri membayar 2.946 euro atau sekitar Rp 47,5 juta kepada bengkel milik putranya Besnik untuk memperbaiki mobil dinas BMW X5.

Pada Senin lalu, Isa merespon lewat akun Facebook-nya dan mengatakan dia tidak menyadari bahwa anaknya yang memperbaiki mobil dinas itu. Namun, dia melihat tak ada masalah jika bengkel anaknya yang mendapatkan kontrak kerja itu.

"Saya tak mengetahui hal ini, namun saya tak melihat adanya masalah jika mobil dinas itu diperbaiki oleh sebuah bengkel  yang terpercaya," ujar Isa.

Sejumlah komentar di laman Facebook milik sang perdana menteri, sebagian besar memberi dukungan. Namun, analis politik Imer Mushkolaj mengatakan Isa Mustafa telah gagal memberikan sebuah contoh.

"Kasus ini menunjukkan bahwa (Isa) Mustafa adalah salah satu politisi yang tak mau bertanggung jawab atas sebuah skandal dan saat dimintai akuntabilitas. Dia malah berusaha menutupinya dengan keangkuhan dan tuduhan terhadap media dan oposisi," ujar Mushkolaj.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com