Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah Taiwan Terjatuh dan Menimpa Lukisan Antik Bernilai Rp 22 Miliar

Kompas.com - 25/08/2015, 17:25 WIB

TAIPEI, KOMPAS.com — Kesialan memang bisa terjadi di mana saja dan menimpa siapa saja. Kali ini, hal tersebut dialami oleh seorang bocah berusia 12 tahun yang tengah berada di sebuah pameran lukisan di kota Taipei, Taiwan.

Dalam rekaman kamera CCTV, terlihat bocah laki-laki itu sedang berjalan di ruangan tempat pameran sambil memegang minuman kaleng.

Tiba-tiba, mungkin karena tersandung, bocah itu jatuh dan celakanya dia menimpa lukisan karya Paolo Porpora berjudul "Flowers". Lukisan cat minyak di atas kanvas itu berusia 350 tahun dan berharga sedikitnya 1 juta poundsterling atau sekitar Rp 22 miliar.

Akibatnya, kanvas lukisan itu sobek berbentuk kepalan tangan. Setelah berhasil menyeimbangkan tubuhnya, bocah itu sempat tertegun dan melihat ke sekeliling ruangan.

Seorang pria dewasa kemudian mendekatinya dan membawanya pergi ke arah yang di luar jangkauan kamera CCTV. Rekaman CCTV itu dirilis penyelenggara pameran Face of Leonardo: Images of a Genius di Taipei, Taiwan.

Sejumlah laporan yang disampaikan stasiun televisi Focus Taiwan TV mengabarkan, penyelenggara tidak akan meminta orangtua anak itu untuk membayar biaya restorasi.

Penyelenggara pameran, Sun Chi-hsuan, mengatakan bahwa anak itu tak bisa disalahkan dan lukisan yang merupakan sebuah koleksi pribadi itu sudah diasuransikan.

Dalam pameran yang juga menampilkan beberapa karya Leonardo da Vinci itu, lukisan dikumpulkan dari berbagai kolektor di dunia. Paolo Porpora (1617-1673) merupakan pelukis Itali dari masa Barok spesialis lukisan bunga atau buah-buahan. Lukisan Flowers diselesaikan Porpora pada tahun 1660.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com