Kompas.com - 24/08/2015, 21:30 WIB
EditorErvan Hardoko

MELBOURNE, KOMPAS.com — Faye Pattinson, seorang tunanetra yang tinggal di pinggiran kota Melbourne, Australia, tengah tertidur pulas saat anjing labrador hitam miliknya, Stony, berusaha memberitahunya akan bencana yang hendak terjadi.

Stony tak biasanya bangun sampai matahari terbit. Namun, pada suatu malam, setelah 18 bulan bersama-sama, Stony mulai menyenggol Faye saat perempuan itu dan suaminya tidur di kamar mereka.

"Saya geram kepadanya dan menyuruhnya untuk kembali ke tempat tidur," kata Faye.

Ketika Stony bertahan, Faye bergegas membawanya ke pintu belakang dan menyuruhnya untuk pergi ke toilet.

"Ia tak ingin pergi dan ketika kami masuk kembali melalui pintu belakang, ia menggiring saya ke tempat pakaian-pakaian berada. Saya tiba-tiba menyadari bahwa di tempat itu sangat panas," ceritanya.

Faye telah mematikan pemanas sebelum ia pergi tidur, tetapi kawat yang rusak mulai memercikkan api. "Jika ia tak mengingatkan saya, mungkin lima menit berikutnya, (kawat) itu akan benar-benar terbakar. Stony menyelamatkan kami," ujarnya.

Kejadian itu bukanlah satu-satunya ketika Stony membuktikan bahwa dirinya adalah anjing pemandu yang luar biasa. Baru-baru ini, ia diserang oleh anjing bull terrier milik seorang pria tunawisma saat sedang membimbing Faye dari stasiun kereta api ke tempat kerjanya di pusat kota Melbourne.

"Saya hanya berdiri di sana mendengarkan ia (Stony) menjerit-jerit dan saya pikir anjing lain membunuhnya. Butuh dua pria untuk memisahkan anjing lain itu darinya," tutur Faye.

Selain menjalani pengobatan di rahang sekitar lehernya, Stony amat terguncang akan insiden itu, tetapi ia relatif tak terluka. Meskipun kaget, ia terus memandu Faye ke tempat kerja seperti biasa.

"Saya gemetaran sekali dan mengatakan, 'ayo maju', dan ia langsung jalan. Ia tak melakukan kesalahan apa pun ketika membawa saya bekerja," ungkapnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.