Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Pengangkut Emas Nazi yang Hilang "Ditemukan" di Polandia

Kompas.com - 20/08/2015, 17:00 WIB

WARSAWA, KOMPAS.com — Legenda tentang sebuah kereta api misterius Nazi yang membawa emas dan hilang pada hari-hari akhir Perang Dunia II memasuki babak baru.

Dua orang pria mendaftarkan "klaim penemuan" ke dewan sebuah distrik di Polandia untuk sebuah kereta api baja yang membawa logam mulia, memicu spekulasi bahwa kereta api misterius sudah ditemukan.

Klaim itu didaftarkan di kota Walbrzych, di wilayah barat daya Polandia, dan berpeluang mengakhiri rumor, mitos, dan usaha perburuan tanpa hasil selama 70 tahun terakhir.

Menurut sejumlah media setempat, kedua orang yang mengajukan klaim, seorang warga Polandia dan Jerman, mengatakan mereka telah menemukan sebuah kereta berlapis baja sepanjang 152 meter, yang dilengkapi gerbong senjata mesin dan sebuah kargo berisi "logam berharga".

Sesuai dengan undang-undang Polandia, barang siapa menemukan harta karun dalam bentuk apa pun di wilayah negara itu, sang penemu mendapat bagian 10 persen dari jumlah total temuan mereka.

"Para pengacara, polisi, tentara, dan pasukan pemadam kebakaran saat ini tengah mengurus masalah tersebut," ujar Marika Tokarska, seorang pejabat di dewan distrik kota Walbrzych, kepada Reuters.

"Kawasan itu belum pernah digali sebelumnya dan kami belum mengetahui apa yang akan ditemukan di sana," kata Marika.

Menurut legenda yang beredar, menjelang akhir Perang Dunia II, saat Tentara Merah semakin mendekati kota Wroclaw, Nazi memindahkan emas dan harta kainnya ke atas kereta api dan mengirimnya ke wilayah barat daya Polandia.

Masih menurut legenda, kereta api itu menghilang setelah menempuh perjalanan menuju pegunungan yang membentang di kawasan yang saat ini menjadi perbatasan Polandia dan Ceko.

"Di kawasan ini, sebenarnya ada dua legenda terkait kereta emas Nazi. Salah satu cerita menyebut kereta itu berada di bawah pegunungan dan kisah lain menyebut kereta itu berada di sekitar Walbrzych," ujar Joanna Lamparska, seorang sejarawan.

"Namun, sejauh ini tak ada seorang pun yang melihat bukti dokumentasi apa pun yang bisa  memastikan keberadaan kereta api pengangkut emas itu," lanjut Joanna.

Sejarawan lain menduga, Nazi menggali terowongan sejauh beberapa kilometer di kawasan pegunungan yang menjadi salah satu proyek terbesar Reich Ketiga di Polandia.

Alasan pembangunan terowongan itu sejauh ini masih menjadi misteri. Beberapa kalangan yang memercayai legenda ini meyakini Nazi kemungkinan memiliki jalur kereta api rahasia dan menyembunyikan seluruh hartanya di satu tempat aman.

Nilai kargo kereta api itu juga tak diketahui, sekali lagi karena minimnya dokumen terkait kereta api itu. Terlebih lagi, Jerman kemungkinan akan merahasiakan hal ini rapat-rapat.

Misteri lainnya adalah bagaimana Nazi mendapatkan harta benda itu. Diduga harta yang disembunyikan itu merupakan hasil dari penjarahan museum dan kediaman orang-orang kaya yang dilakukan sepanjang masa perang.

Taduesz Slowikowski, seorang pemburu harta karun yang juga sudah lama memburu kereta itu, mengaku skeptis dengan kabar penemuan di Polandia itu. "Mereka mungkin menemukan kereta api tersebut, tetapi tidak emasnya," ujar Slowikowski kepada stasiun radio Zet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com