Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suara Tembakan dan Bom Terdengar di Luar Istana Dolmabahce, Istanbul

Kompas.com - 19/08/2015, 21:13 WIB

ISTANBUL, KOMPAS.com — Suara tembakan dan ledakan bom terdengar, Rabu (19/8/2015), di luar Istana Dolmabahce, Istanbul, salah satu lokasi tujuan wisata yang juga digunakan sebagai kantor perdana menteri.

Dua orang tersangka yang membawa senapan laras panjang dan sebuah bom kemudian ditangkap polisi di dekat kantor konsulat Jerman tak jauh dari Istana Dolmabahce. Demikian dikabarkan stasiun televisi NTV dan kantor berita Dogan.

Sejauh ini, belum diperoleh indikasi pelaku serangan tersebut, yang tampaknya mengincar personel militer yang menjaga istana yang dibangun pada masa keemasan Kekaisaran Ottoman.

Insiden ini terjadi di tengah meningkatnya upaya Pemerintah Turki menggelar operasi "anti-teror" terhadap Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dan milisi Kurdi di wilayah selatan negeri itu.

Partai Front Pembebasan Rakyat Revolusioner Marxist (DHKP-C) yang terlarang pernah mengklaim serangan sejenis terhadap Istana Dolmabahce pada 1 Januari lalu.

Saat itu, dua buah granat dilemparkan ke arah tentara yang menjaga tempat itu. Beruntung kedua granat itu tak meledak sehingga tak mengakibatkan korban.

Istana Dolmabahce, salah satu istana besar Kekaisan Ottoman sekaligus tempat pendiri Turki modern Mustafa Kemal Ataturk yang meninggal dunia pada 1938, adalah salah satu daya tarik wisata utama Istanbul.

Sebagian istana itu dibuka untuk umum, tetapi sisi lain istana digunakan sebagai ruang resepsi dan kantor PM Turki Ahmet Davutoglu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com