Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NOAA: El Nino Kemungkinan Lebih Kuat dan Berdampak

Kompas.com - 15/08/2015, 06:02 WIB

KOMPAS.com - Ramalan cuaca terakhir yang dirilis oleh NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration) atau badan ilmiah yang meneliti fenomena cuaca dan iklim AS menyebutkan bahwa El Nino akan semakin kuat dan berdampak.

"Ada kemungkinan 90 persen El Nino akan terus mengarah ke belahan bumi bagian utara pada musim dingin, dan 85 persen kemungkinannya akan terus bertahan hingga musim semi tahun 2016," kata NOAA dalam siaran pers yang diterima CNN.

Fenomena cuaca ini pada tahun 1997 menjadi perbincangan masyarakat di seluruh penjuru dunia ketika itu, dampaknya cukup dahsyat dengan terjadinya banjir di wilayah barat AS hingga kekeringan di Indonesia. El Nino pada tahun 1997 juga dituding jadi penyebab munculnya virus-virus di Afrika dan meningkatnya harga kopi dunia.

El Nino saat ini mulai membuat hangat Samudera Pasifik bagian timur, utamanya yang berada di Khatulistiwa (lihat di gambar). Titik merah dalam foto satelit memperlihatkan air dengan suhu normal dan suhu yang menghangat.

NOAA perkiraan NOAA tentang dampa dahsyat el nino

Air yang menghangat ini biasanya  mencapai ke Samudera Pasifik bagian barat karena dibawa angin dari timur ke barat. Angin ini yang mendorong air yang hangat menuju Indonesia dan Australia.

Namun, selama fenomena El Nino terjadi, angin cenderung tidak kencang dan dapat berubah arah. Akibatnya, air yang hangat tadi dapat menyebar ke bagian timur hingga ke Afrika Selatan.

El Nino biasanya terjadi setiap tujuh tahun sekali dengan berbagai intensitas. Samudera Pasifik bagian timur bisa menghangat sampai 4 derajat Celcius hangat dari biasanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com