Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan Hebat di Tianjin Setara 3 Ton TNT

Kompas.com - 13/08/2015, 04:54 WIB
KOMPAS.com - Ledakan dahsyat terjadi di sebuah bangunan yang menjadi gudang di bagian utara China, Tianjin. Ledakan itu mengakibatkan setidaknya 7 orang tewas dan lontaran api yang keluar hingga ke langit.

Ledakan itu diduga terdengar jauh hingga hitungan kilometer. Diduga, ledakan terjadi lantaran adanya bahan peledak yang diledakkan ketika berada di dalam ruang penyimpanan.

"Ledakan meluluhlantakkan sebuah gudang di kota Tianjin Rabu malam (12/8/2015) tadi," tulis Xinhua.

Sementara itu, laporan dari media komunis, People's Daily mengatakan sebanyak tujuh orang tewas dari ledakan itu. Sebagian orang pun dikabarkan terperangkap di gudang tersebut.

Sebanyak 300 hingga 400 orang terluka akibat ledakan tersebut, mereka kemudian dirawat di sebuah rumah sakit terdekat, kata Beijing News. Selain itu juga dikabarkan ada beberapa orang lainnya yang dibawa ke rumah sakit saat berita ini diturunkan.

Tak hanya itu, dua petugas pemadam kebakaran pun dikabarkan hilang saat berusaha memadamkan api.

Melalui sebuah tayangan televisi, terlihat kilatan api ketika ledakan terjadi, bahkan api itu turun hingga menyerupai hujan api bersama dengan bunyi ledakan.

Beberapa orang terlihat berusaha mengamankan diri dengan berlindung dari puing-puing dan bekas ledakan yang terlontar dengan cara menutup kepalanya dengan baju.

Bahkan media sosial Weibo juga diramaikan dengan postingan orang-orang yang bersimbah darah, ada juga anak-anak yang ditutupi selimut supaya terhindar dari dampak ledakan. Meski begitu, belum dapat dipastikan keaslian gambar tersebut.

Adapun kekuatan ledakan gudang itu diperkirakan setara dengan meledakkan tiga ton TNT, menurut Pusat Jaringan Gempa Bumi China. Ledakan berikutnya diperkirakan sama dengan 21 ton bahan peledak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com