Kompas.com - 09/08/2015, 14:46 WIB
EditorBayu Galih

KOMPAS.com — Warga Nagasaki memperingati 70 tahun sejak jatuhnya bom atom di kota tersebut oleh Amerika Serikat, hari ini, Minggu (9/8/2015)

Sebuah upacara di taman perdamaian Nagasaki ditandai dengan mengheningkan cipta selama satu menit. Kemudian, dilanjutkan dengan pidato oleh wali kota Nagasaki dan Perdana Menteri Shinzo Abe.

Setelah bunyi lonceng yang menandakan ledakan bom atom tersebut, Wali Kota Nagasaki Tomihisa Taue kemudian menyampaikan deklarasi perdamaian.

Sementara Perdana Menteri Shinzo Abe dalam pidatonya mengatakan, Jepang tetap "bertekad untuk membuat dunia tanpa senjata nuklir".

Tamu dari sekitar 75 negara hadir pada peringatan tersebut dan anak-anak membacakan sebuah deklarasi perdamaian.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon juga hadir dalam peringatan itu dan mengatakan, "Nagasaki harus menjadi yang terakhir, kita tidak bisa membiarkan senjata nuklir digunakan di masa depan. Dampaknya terhadap manusia terlalu besar. Jangan ada lagi (kejadian seperti) Nagasaki. Jangan ada lagi Hiroshima."

Di sebuah katedral yang dihancurkan oleh bom, tetapi kemudian dibangun kembali, juga diadakan misa untuk memperingati kejadian tersebut.

Sedikitnya 70.000 orang tewas dalam serangan yang digencarkan Amerika Serikat, hanya tiga hari setelah bom lain dijatuhkan di Hiroshima, Jepang.

Nagasaki saat itu dipilih oleh AS karena kota yang merupakan target awal, Kokura, tertutup oleh awan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.