Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

70 Tahun Bom di Nagasaki dan Cita-cita Dunia Tanpa Nuklir...

Kompas.com - 09/08/2015, 14:46 WIB

KOMPAS.com — Warga Nagasaki memperingati 70 tahun sejak jatuhnya bom atom di kota tersebut oleh Amerika Serikat, hari ini, Minggu (9/8/2015)

Sebuah upacara di taman perdamaian Nagasaki ditandai dengan mengheningkan cipta selama satu menit. Kemudian, dilanjutkan dengan pidato oleh wali kota Nagasaki dan Perdana Menteri Shinzo Abe.

Setelah bunyi lonceng yang menandakan ledakan bom atom tersebut, Wali Kota Nagasaki Tomihisa Taue kemudian menyampaikan deklarasi perdamaian.

Sementara Perdana Menteri Shinzo Abe dalam pidatonya mengatakan, Jepang tetap "bertekad untuk membuat dunia tanpa senjata nuklir".

Tamu dari sekitar 75 negara hadir pada peringatan tersebut dan anak-anak membacakan sebuah deklarasi perdamaian.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon juga hadir dalam peringatan itu dan mengatakan, "Nagasaki harus menjadi yang terakhir, kita tidak bisa membiarkan senjata nuklir digunakan di masa depan. Dampaknya terhadap manusia terlalu besar. Jangan ada lagi (kejadian seperti) Nagasaki. Jangan ada lagi Hiroshima."

Di sebuah katedral yang dihancurkan oleh bom, tetapi kemudian dibangun kembali, juga diadakan misa untuk memperingati kejadian tersebut.

Sedikitnya 70.000 orang tewas dalam serangan yang digencarkan Amerika Serikat, hanya tiga hari setelah bom lain dijatuhkan di Hiroshima, Jepang.

Nagasaki saat itu dipilih oleh AS karena kota yang merupakan target awal, Kokura, tertutup oleh awan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com