Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagu Olimpiade Musim Dingin Beijing Dituding Contek Lagu Film "Frozen"

Kompas.com - 05/08/2015, 18:17 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — Olimpiade Musim Dingin Beijing baru akan digelar pada 2022. Namun, masalah sudah muncul ketika lagu tema untuk pesta olahraga itu diduga mencontek lagu terkenal dari film Frozen produksi Disney.

Dugaan ini bisa dilihat pada kanal resmi Olimpiade di situ YouTube resmi. Berbagai komentar dalam video itu mempertanyakan dan meledek kemiripannya dengan lagu populer yang dinyanyikan Idina Menzel itu.

"Apakah ada yang tiba-tiba ingin ikut bernyanyi 'Let It Go' pada menit 01:14?" kata salah seorang yang menonton video itu, Shiu-Wah Wong.

Pengguna YouTube lain berkomentar, "Tak ada yang bisa dilakukan, ini China. Dari pejabat sampai orang biasa, ada budaya peniruan, pencurian, dan pencontekan."

Sekalipun YouTube secara resmi dilarang di China, kemungkinan besar komentar ini berdatangan dari Hongkong, Taiwan, dan bagian lain Asia.

Majalah online China Caijing Online, yang dikutip The New York Times, menganalisis kedua lagu dan menyimpulkan terdapat kesamaan dalam nada pembuka dan delapan ketukan awal lagu, juga pada tempo lagu yang nyaris serupa.

Sejauh ini, belum ada komentar, baik dari pihak penyelenggara Olimpiade Beijing maupun Disney terkait dugaan pencontekan itu.

Pada Jumat pekan lalu, Beijing terpilih sebagai penyelenggara Olimpiade Musim Dingin yang akan diselenggarakan pada 2022 mendatang. Frozen sendiri merupakan film animasi paling laris dengan keuntungan sebesar 1,3 miliar dollar AS di seluruh dunia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com