Kompas.com - 30/07/2015, 17:58 WIB
EditorErvan Hardoko
NEW YORK, KOMPAS.com — Menurut sebuah laporan terbaru PBB, penduduk dunia akan mencapai 8,5 miliar jiwa pada 2030, lalu 9,7 miliar jiwa pada 2050, dan melampaui 11 miliar orang pada 2100.

Dalam tujuh tahun ke depan, India bahkan sudah menjadi negara terpadat di dunia lalu menggeser China, dan dalam tempo 35 tahun, Nigeria akan menjadi negara terbesar ketiga dunia, menggeser AS.

Laporan itu juga menunjukkan bahwa dalam kurun waktu 2015-2050, separuh populasi dunia akan terkonsentrasi di sembilan negara saja, yaitu India, Nigeria, Pakistan, Republik Demokratik Kongo, Etiopia, Tanzania, Amerika Serikat, Indonesia, dan Uganda.

Saat ini, China dan India masih menjadi dua negara terbesar di dunia dalam hal jumlah penduduk. Tiap-tiap negara ini memiliki jumlah penduduk di atas 1 miliar jiwa atau 18-19 persen dari populasi dunia.

Namun, pada 2022, menurut laporan PBB itu, jumlah penduduk India sudah akan melampaui China.

Adapun saat ini terdapat 10 negara berpenduduk terbanyak yang tersebar di lima benua. Satu di Afrika (Nigeria), lima di Asia (Banglades, China, India, Indonesia dan Pakistan), dua di Amerika Selatan (Brasil dan Meksiko), satu di Amerika Utara (Amerika Serikat), dan satu di Eropa (Federasi Rusia).

"Dari semua negara itu, Nigeria, yang saat ini merupakan negeri terpadat ketujuh di dunia, mengalami pertumbuhan paling cepat. Pada 2050, jumlah penduduk Nigeria akan melampaui Amerika Serikat, sekaligus menjadi negara terbesar ketiga di dunia," demikian laporan PBB tersebut.

Laporan itu juga menunjukkan bahwa pada 2050, populasi enam negara di dunia akan mencapai lebih dari 300 juta orang. Keenam negara itu adalah China, India, Indonesia, Nigeria, Pakistan, dan Amerika Serikat.

Sementara itu, di sisi lain dunia, terutama di Eropa, populasi penduduk benua ini akan menua dalam beberapa dekade ke depan. Pada 2050, diperkirakan 34 persen populasi Eropa akan berusia di atas 60 tahun.

Adapun di Amerika Latin, Karibia, dan Asia, populasi warga berusia di atas 60 tahun akan sebanyak 25 persen dari jumlah penduduk pada 2050. Saat ini, jumlah penduduk tua di ketiga kawasan itu sebanyak 11-12 persen dari jumlah penduduk.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Al Arabiya


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.