Kompas.com - 30/07/2015, 11:55 WIB
EditorEgidius Patnistik
MEXICO CITY, KOMPAS.com - Polisi dari negara-negara di Amerika hingga Eropa dan Australia telah bergabung dalam sebuah "maraton" untuk menangkap gembong narkoba Meksiko, Joaquin "El Chapo" Guzman, kata seorang pejabat penegak AS, Rabu (29/7/2015) waktu setempat.

Hampir tiga minggu setelah Guzman kabur dari penjara, Wakil Administrator Drug Enforcement Administration (DEA) AS, Jack Riley, mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa dia optimistis gembong kartel narkoba Sinaloa itu akan tertangkap kembali, meskipun hal itu akan sulit.

"Perburuan terhadapnya merupakan sebuah maraton, bukan sprint," kata orang nomor dua DEA itu dalam sebuah wawancara per telepon dari Washington. "Kami tahu ketika kami menangkapnya pertama kalinya bahwa itu tidak mudah, jadi jelas ini seperti permainan kucing dan tikus untuk kami sekarang."

DEA menyediakan informasi intelijen penting guna membantu pihak berwenang Meksiko menangkap Guzman pada Februari 2014, atau 13 tahun setelah pelarian pertamanya dari penjara. Namun dia melarikan diri lagi pada 11 Juli 2015, melalui sebuah terowongan bawah tanah yang dibangun kelompoknya di bawah penjara berkeamanan maksimum di luar Mexico City.

Riley mengatakan, otoritas AS dan Meksiko telah bekerja bahu-membahu sejak saat itu. Dia membantah laporan bahwa pemerintahan Presiden Enrique Pena Nieto enggan untuk menerima bantuan AS.

Perburuan Global.

Sementara Guzman mungkin bersembunyi di daerah asalnya di Negara Bagian Sinaloa di Meksiko barat laut, polisi di seluruh dunia melakukan apa yang perlu dilakukan, dengan mengandalkan kecerdasan manusia dan pengawasan elektronik untuk melacak dia. "Kami bekerja sama dengan rekan-rekan Meksiko kami dengan semua informasi yang mereka miliki di selatan perbatasan, dan tempat-tempat lain di Amerika Tengah dan Selatan dan bahkan di Eropa dan Australia. Semua informasi itu disatukan untuk mendapatkan gambaran besar," kata Riley.

"Selama bertahun-tahun, Chapo berpegang pada fakta bahwa polisi tidak berbicara dengan polisi lain. Namun saya dapat meyakinkan anda bahwa kami sedang melakukannya lebih baik sekarang ketimbang yang pernah kami lakukan, dan jika saya Chapo, saya akan berhati-hati."

Penyelidikan itu mengglobal karena kartel Sinaloa yang besar dan kuat "punya tentakel di semua tempat," dan setiap informasi dapat "membantu kami melacaknya atau melacak seseorang yang sangat dekat dengannya," kata Riley.

Bersembunyi di Sinaloa?

Halaman:
Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.