Kompas.com - 21/07/2015, 04:17 WIB
EditorHindra Liauw

KOMPAS.com - Museum di Amerika Serikat menggalang dana secara online untuk menyelamatkan baju astronot Neil Armstrong yang ia kenakan saat menjadi orang pertama yang berjalan di bulan.

Penggalangan dana ini resmi dimulai hari Senin (20/07), yang sekaligus menandai 46 tahun aksi Armstrong mendarat dan berjalan di permukaan bulan.

Museum Nasional Udara dan Ruang Angkasa di Washington ingin mengumpulkan dana sebesar 500.000 dollar AS atau sekitar Rp 6,6 miliar untuk membantu melestarikan baju astronot Armstrong, membuat tiruan baju itu, dan membangun ruang pamer yang dilengkapi teknologi pengaturan temperatur udara.

Para ahli mengatakan, baju astronot tidak dirancang untuk bisa bertahan lama dan bahannya akan rusak seiring dengan berjalannya waktu.

Baju astronot ini kondisinya makin rapuh dan tidak dipamerkan sejak 2006.

Museum Nasional Udara dan Ruang Angkasa berencana memamerkan seragam astronot tersebut dalam perayaan 50 tahun pendaratan Armstrong di bulan.

Setelah itu baju ini akan menjadi objek utama pameran yang diberi nama "Destination Moon" yang akan dibuka pada 2020.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.