Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NASA Galang Dana untuk Selamatkan Baju Neil Armstrong

Kompas.com - 21/07/2015, 04:17 WIB

KOMPAS.com - Museum di Amerika Serikat menggalang dana secara online untuk menyelamatkan baju astronot Neil Armstrong yang ia kenakan saat menjadi orang pertama yang berjalan di bulan.

Penggalangan dana ini resmi dimulai hari Senin (20/07), yang sekaligus menandai 46 tahun aksi Armstrong mendarat dan berjalan di permukaan bulan.

Museum Nasional Udara dan Ruang Angkasa di Washington ingin mengumpulkan dana sebesar 500.000 dollar AS atau sekitar Rp 6,6 miliar untuk membantu melestarikan baju astronot Armstrong, membuat tiruan baju itu, dan membangun ruang pamer yang dilengkapi teknologi pengaturan temperatur udara.

Para ahli mengatakan, baju astronot tidak dirancang untuk bisa bertahan lama dan bahannya akan rusak seiring dengan berjalannya waktu.

Baju astronot ini kondisinya makin rapuh dan tidak dipamerkan sejak 2006.

Museum Nasional Udara dan Ruang Angkasa berencana memamerkan seragam astronot tersebut dalam perayaan 50 tahun pendaratan Armstrong di bulan.

Setelah itu baju ini akan menjadi objek utama pameran yang diberi nama "Destination Moon" yang akan dibuka pada 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com