Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktor George Clooney Dirikan Lembaga Pelacak Pembiayaan Perang di Afrika

Kompas.com - 20/07/2015, 19:46 WIB
NAIROBI, KOMPAS.com — Aktor Hollywood, George Clooney, Senin (20/7/2015), meluncurkan sebuah inisiatif baru yang bertujuan untuk menghentikan konflik di Sudan Selatan dan negara Afrika lainnya dengan cara melacak uang yang terlibat dalam konflik-konflik ini.

The Sentry, lembaga yang didirikan Clooney dan John Pendergast dari kelompok advokasi Enough Project, akan menyelidiki metode pembiayaan konflik bersenjata di Sudan, Sudan Selatan, Afrika Tengah, dan Republik Demokratik Kongo.

"Pengaruh nyata bagi perdamaian dan HAM akan muncul ketika orang-orang yang menangguk keuntungan dari perang membayar semua kerusakan yang mereka buat," kata aktor berusia 54 tahun yang telah lama terlibat dalam upaya advokasi perdamaian di Sudan dan Sudan Selatan.

Sementara itu, Prendergast, mantan direktur urusan Afrika di Dewan Keamanan Nasional AS yang kemudian menjadi aktivis HAM, mengatakan bahwa sejauh ini upaya diplomasi konvensional telah gagal dan upaya terbaru harus fokus pada bagaimana membuat perang lebih merugikan daripada perdamaian.

"Tujuan pendirian The Sentry adalah mengikuti aliran uang dan mencegah kelompok yang menangguk keuntungan dari perang melanjutkan kejahatan mereka," ujar Prendergast.

Pada 2010, Clooney dan Prendergast meluncurkan Satelite Sentinel Project. Inisiatif ini dijalankan dengan menggunakan satelit untuk memantau dan memetakan bukti konflik dan pelanggaran HAM di lapangan, menghasilkan foto-foto kehancuran dan pergerakan militer.

Inisiatif itu diluncurkan di tengah kekhawatiran pecahnya perang antara Sudan dan Sudan Selatan yang tengah mempersiapkan kemerdekaan pada Juli 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com