Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pintu Kompartemen Roda Pesawat Jatuh di Sebuah Pabrik di Shanghai

Kompas.com - 16/07/2015, 19:56 WIB
BEIJING, KOMPAS.com - Otorita penerbangan sipil China pekan ini memastikan bahwa sebuah plat besi yang jatuh di lahan sebuah pabrik di kota Shanghai adalah sebuah pintu kompartemen roda pendarat sebuah pesawat terbang.

Foto plat besi seberat 60 kilogaram itu awalnya diunggah seorang netizen ke media sosial Weibo dan melaporkan benda itu ditemukan di lokasi sebuah pabrik milik keluarga kawan si netizen tersebut.

Ketiga sisi besi berbentuk segitiga itu berukuran kurang dari satu meter. Retakan bisa dilihat di lokasi-lokasi sambungan dan sebuah sebuah stiker tertempel di permukaannya menampilkan sederet nomor dan kata-kata "Dibuat di Kanada".

Otorita Penerbangan Sipil China membenarkan benda itu adalah bagian dari sebuah pesawat terbang, kemungkinan pintu kompartemen tempat roda pendarat pesawat Boeing 777. Polisi yakin pintu besi itu jatuh pada sekitar tengah malam 13 Juli lalu.

Polisi kini tengah bekerja untuk mengidentifikasi pesawat terbang yang melintasi kawasan tersebut dengan harapan bisa menemukan pesawat yang kehilangan pintu kompartemen roda pendaratnya.

Seorang pengara kepada situs berita NetEase mengatakan pengelola maskapai kemungkinan harus mempertanggungjawabkan masalah ini secara hukum.

Selain itu, pemilik pesawat terbang harus memberikan ganti rugi jika dalam penyelidikan terbukti insiden itu disebabkan maskapai lalai dalam menerapkan prosedur keselamatan penerbangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com