Kompas.com - 13/07/2015, 15:25 WIB
EditorEgidius Patnistik
BRUSSELS, KOMPAS.com — Yunani mencapai kesepakatan dengan zona euro mengenai bailout (dana talangan) yang sangat dibutuhkan, Senin (13/7/2015), setelah pembicaraan secara maraton semalam dalam EuroSummit. Itu merupakan sebuah perjanjian bersejarah demi mencegah negara itu terlempar dari zona mata uang tunggal Eropa.

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras, yang berhaluan kiri, sepakat melakukan reformasi yang sulit setelah 17 jam negosiasi melelahkan dengan hasil berupa dana talangan tiga tahun senilai 86 miliar euro, yang merupakan program penyelamatan ketiga Yunani dalam lima tahun terakhir.

Presiden Uni Eropa Donald Tusk mengumumkan kesepakatan untuk Yunani yang dicengkeram utang itu di Twitter. Kesepakatan tersebut mengakhiri pertarungan sengit selama enam bulan antara pemerintah Tsipras di Athena yang anti-penghematan dan seluruh zona euro.

"EuroSummit telah mencapai kesepakatan dengan suara bulat," kata Tusk, yang juga mantan Perdana Menteri Polandia. "Semua siap menjalankan program ESM (European Stability Mechanism) untuk Yunani dengan reformasi serius dan dukungan keuangan."

Pekan lalu, Yunani mengajukan program ketiga dari dana talangan zona euro, ESM, setelah pengajuan dana talangan sebelumnya berakhir pada 30 Juni. Tenggat waktu yang telah berakhir tersebut menyebabkan negara itu berada dalam kondisi tanpa bantuan keuangan internasional untuk kali pertama dalam beberapa tahun.

Bank-bank Yunani telah ditutup selama hampir dua minggu, dan ada kekhawatiran bahwa mereka akan kehabisan dana karena kurangnya dana tambahan dari Bank Sentral Eropa. Hal ini berarti bahwa Athena akan harus mencetak mata uang sendiri dan secara efektif meninggalkan euro.

Athena telah membuat marah para kreditor dengan sejumlah tindakan, termasuk sebuah referendum mengejutkan pada 5 Juli. Hasil referendum itu menunjukkan bahwa orang-orang Yunani menolak persyaratan dana talangan sebelumnya yang ditawarkan para kreditor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.