Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gembong Narkoba Paling Disegani di Meksiko Kabur Lewat Terowongan

Kompas.com - 13/07/2015, 04:37 WIB

KOMPAS.com - Bos narkotika Meksiko, Joaquin Guzman alias El Chapo yang berarti "Si Pendek", menggunakan terowongan bawah tanah untuk melarikan diri dari penjara dengan pengamanan ketat.

Pihak berwenang menyatakan, Guzman melarikan diri dari penjara Altiplano dengan melewati perjalanan sepanjang 1,5 km di terowongan yang dilengkapi dengan tangga serta ventilasi. Sebanyak 18 sipir penjara kemudian diinterogasi terkait larinya El Chapo.

Dia terakhir kali terlihat di dekat kamar mandi penjara, Sabtu (11/7/2015). Setelah itu, aktivitas El Chapo di dalam penjara tidak lagi diketahui. 

Ini merupakan kedua kalinya El Chapo dan lari dari penjara. Tahun 2001 dia melarikan diri dengan bersembunyi di keranjang pakaian setelah menyogok sipir penjara. Namun, dia berhasil ditangkap kembali tiga tahun kemudian.

Joaquin "El Chapo" Guzman sedang menjalani hukuman lebih dari 20 tahun penjara setelah ditangkap di Guatemala tahun 1993.

Larinya Guzman diketahui ketika sipir memeriksa selnya di penjara yang terletak tidak jauh dari ibu kota Meksiko City.

Mereka kemudian menemukan lubang berukuran sekitar 10 meter dengan dilengkapi tangga yang mengarah ke terowongan bawah tanah yang ujungnya berada di sebuah lokasi pembangunan di luar dinding penjara.

Sebuah sepeda motor, yang diduga untuk membawa peralatan dan membuang tanah galian terowongan, juga ditemukan.

Pencarian atas bos narkotika yang dinilai memiliki kekayaan 1 miliar dollar AS itu langsung dilakukan. Sementara penerbangan dari bandara Toluca di dekat penjara sudah dihentikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com