Kompas.com - 12/07/2015, 01:48 WIB
EditorErvan Hardoko
SREBRENICA, KOMPAS.com - Perdana Menteri Serbia Aleksandar Vucic mendapatkan pengalaman buruk saat menghadiri peringatan 20 tahun pembantaian Srebrenica, Sabtu (11/7/2015).

Vucic baru saja meletakkan karangan bunga di sebuah monumen untuk mengenang ribuan korban pembunuhan massal di Eropa sejak Perang Dunia II itu ketika warga mulai berteriak-teriak menghujat sang perdana menteri.

Tak hanya berteriak, warga yang hadir dalam upacara peringatan itu kemudian melempari Vucic dengan menggunakan batu, yang memaksa Vucic harus meninggalkan lokasi dengan kawalan ketat.

Kantor berita Serbia Tanjug mengatakan kepala PM Vucic terkena lemparan batu yang mengakibatkan kaca matanya rusak. Vucic merupakan salah satu pemimpin negara yang diundang untuk menghadiri upacara peringatan yang juga dihadiri puluhan ribu warga setempat.

Tak lama sebelum tiba di Srebrenica, Vucic mengecam kekejaman yang terjadi di Srebrenica, di mana sekitar 8.000 pria dan anak laki-laki Muslim dibantai pasukan Serbia Bosnia yang merebut Srebrenica pada Juli 1995, tak lama sebelum perang berakhir.

Para politisi Serbia dan Serbia Bosnia selama bertahun-tahun membantah telah terjadi pembantaian di Srebrenica, meski dua pengadilan internasional telah menyebut peristiwa itu sebagai genosida.

Beberapa bulan setelah pembantaian Srebrenica, perjanjian damai yang mengakhir Perang Bosnia 1992-1995 ditandatangani. Selama tiga tahun perang, setidaknya 100.000 orang kehilangan nyawa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.