Kompas.com - 08/07/2015, 06:10 WIB
EditorBayu Galih

SANAA, KOMPAS.com - Kekerasan terus terjadi di Yaman. Kali ini, dua bom mobil meledak di dua lokasi terpisah di Yaman. Peristiwa itu menewaskan lebih dari 10 orang tewas.

Dilansir dari Reuters, Rabu (8/7/2015), ISIS Yaman mengaku bertanggung jawab atas serangan teror itu.

Salah satu bom mobil meledak di dekat sebuah rumah sakit di pusat ibu kota Sanaa. Kantor berita yang dikuasai militan Houthi melaporkan, ledakan itu menewaskan dan melukai sejumlah orang.

Sedangkan sebuah ledakan bom mobil yang terjadi di al-Bayda, sebuah kota di selatan Yaman, menewaskan sedikitnya 10 orang.

Peristiwa bom mobil ini hanya berlangsung sehari setelah serangan udara yang dipimpin oleh koalisi pimpinan Arab Saudi, kemarin. Dalam peristiwa itu, setidaknya 176 pejuang Houthi dan warga sipil tewas.

Serangan yang terjadi kemarin, menurut media yang dikuasai kelompok Houthi, merupakan serangan dengan korban jiwa terbesar sejak tiga bulan silam.

PBB sudah berusaha menghentikan serangan udara dan pertempuran yang terjadi sejak 26 Maret lalu. Lebih dari 3.000 orang dikabarkan tewas saat Arab Saudi memimpin koalisi untuk menghentikan kelompok Houthi menyebarkan pengaruhnya di Yaman.

Kelompok Houthi sendiri melakukan pemberontakan karena mengaku melawan pemerintah Yaman yang korup. Pemberontakan yang dilakukan kelompok Houthi itu menyebabkan Presiden Abd Rabbuh Mansur Hadi meninggalkan Yaman, yang kemudian dilanda perang saudara.

Arab Saudi sendiri mengaku melakukan serangan untuk menyelamatkan Yaman. Selain menghadapi Saudi, kelompok Houthi juga harus menghadapi perlawanan dari militan al Qaeda dan militan ISIS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber Reuters
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.