Kompas.com - 03/07/2015, 15:14 WIB
EditorErvan Hardoko

FRANKFURT, KOMPAS.com — Seorang pekerja di pabrik mobil Volkswagen, Jerman, meninggal dunia setelah sebuah robot pekerja tak sengaja menarik dan membenturkannya ke sebuah lempengan logam.

Pria berumur 22 tahun itu meninggal sesudah dibawa ke rumah sakit di Baunatal, 100 kilometer sebelah utara Frankfurt. Ia bekerja sebagai bagian dari tim kontraktor yang memasang robot ketika kecelakaan terjadi.

Heiko Hillwig dari Volkswagen menyatakan, kecelakaan terjadi karena "faktor manusia" ketimbang menyalahkan robot itu.

"Robot bisa diprogram untuk mengerjakan berbagai tugas dalam proses perakitan. Biasanya beroperasi di dalam ruang terbatas di pabrik, menarik suku cadang mobil, dan mengolahnya."

Seorang anggota tim kontraktor juga sedang berada di lokasi ketika kecelakaan terjadi, tetapi ia tak terluka. Dia menolak memberi rincian yang terjadi dan menyatakan bahwa penyelidikan sedang dilakukan.

Kantor berita Jerman DPA melaporkan, pihak berwenang kini sedang menyelidiki kecelakaan ini dan akan melakukan penuntutan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.