Kompas.com - 01/07/2015, 18:33 WIB
EditorErvan Hardoko

SYDNEY, KOMPAS.com - Seorang pria asal Gold Coast, Australia, Reece Harding, dilaporkan tewas karena menginjak ranjau darat saat membantu milisi Kurdi memerangi kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Suriah.

Kabar kematian Reece itu diterima oleh ayahnya, Keith Harding akhir pekan lalu. "Ia meninggalkan Australia Mei lalu karena katanya ingin berlibur," kata Keith kepada ABC.

Keith menambahkan, beberapa hari setelah Reece pergi, dia menerima kabar bahwa putranya itu terlibat dalam kegiatan kemanusiaan. Namun kini, kata Keith, pihak keluarga memahami bahwa Reece telah bergabung dengan milisi Kurdi.

Keith Harding mengaku masih mencoba menerima keadaan ini. "Rasanya masih belum percaya. Mencari di internet, menonton setiap berita untuk mencari tahu," ujarnya.

Pria itu mendapat pesan pada Senin (29/6/2015) untuk menghubungi sebuah nomor telepon di luar negeri. Saat Keith tersambung dengan nomor tersebut, pria di ujung telepon memberikan kabar buruk. "Maaf pak, tapi Reece sudah tiada... dia menginjak ranjau dan tewas," kata pria itu.

Keith mengaku masih tidak percaya mengapa anaknya memutuskan untuk pergi ke Suriah. Dia hanya bisa menduga bahwa Reece ingin berbuat sesuatu untuk menghentikan kekejaman ISIS.

"Dengan semua informasi yang beredar di internet bahwa ada orang yang suka menyembelih korbannya, membunuh anak-anak, memperkosa kaum wanita, saya kira itu semua yang mempengaruhinya," kata Keith Harding.

Sementara itu Jordan Harding, saudara Reece yang masih berusia 17 tahun, kini merasa sangat kehilangan. Namun ia mengaku bangga atas keputusan kakaknya pergi ke Suriah untuk memerangi ISIS.

Kabar kematian Reece Harding ini juga dikabarkan melalui laman Facebook salah satu milisi Kurdi di Suriah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.