Kompas.com - 01/07/2015, 10:00 WIB
EditorEgidius Patnistik
KOMPAS.com — Yunani dipastikan gagal membayar utang kepada Dana Moneter Internasional (IMF) sebesar 1,6 miliar euro atau setara dengan Rp 22 triliun setelah utang tersebut jatuh tempo pada Selasa (30/6/2015) malam waktu setempat.

Kepastian itu diumumkan IMF beberapa saat seusai pukul 22.00 GMT atau Rabu pukul 05.00 WIB.

"Kami telah menginformasikan Dewan Eksekutif kami bahwa Yunani masih berutang dan hanya bisa menerima pendanaan IMF begitu pembayaran dilakukan," ujar Juru Bicara IMF Gerry Rice.

Rice juga mengonfirmasi pihaknya menerima permintaan dari Yunani untuk memperpanjang tenggat pembayaran. Permintaan itu, menurut dia, akan disampaikan ke Dewan Eksekutif IMF pada waktunya.

Beberapa jam sebelum utang Yunani jatuh tempo, para menteri keuangan negara-negara anggota Uni Eropa telah sepakat untuk tidak mengucurkan dana talangan sebesar 7,2 miliar euro atau setara dengan Rp 108 triliun.

Kepala kelompok menteri keuangan UE sekaligus Menteri Keuangan Belanda Jeroen Dijsselbloem menilai, mereka "gila" jika memperpanjang dana talangan untuk Yunani ketika pada saat bersamaan Pemerintah Yunani menolak persyaratan yang diajukan UE, IMF, dan Bank Sentral Eropa.

Persyaratan yang diajukan mencakup peningkatan pajak dan pemangkasan anggaran kesejahteraan.

Kriteria itu mendorong Perdana Menteri Alexis Tsipras mencetuskan referendum pada Minggu mendatang. Referendum itu sejatinya memberi pilihan kepada rakyat Yunani untuk menyetujui atau menolak proposal Komisi Eropa, Bank Sentral Eropa, dan Dana Moneter Internasional (IMF).

Dia mendesak rakyat Yunani memilih "Tidak" agar pemerintah memiliki posisi tawar yang kuat untuk memulai negosiasi dengan pihak kreditur.

Penarikan uang

Berkaitan dengan jatuh tempo utang Yunani dan penolakan troika, UE, IMF, dan Bank Sentral Eropa, untuk mengucurkan dana talangan, likuiditas untuk bank-bank Yunani dibekukan.

Akibatnya, bank-bank Yunani tutup dan penarikan uang melalui anjungan tunai mandiri (ATM) dibatasi 60 euro per orang per hari.

Namun, sedikitnya 1.000 bank akan dibuka kembali pada Rabu ini untuk memberikan kaum pensiunan menarik uang sampai batas maksimal 120 euro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.