Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konvoi Mobil Diserang Bom, Jaksa Senior Mesir Tewas

Kompas.com - 29/06/2015, 20:53 WIB
KAIRO, KOMPAS.com - Seorang jaksa senior Mesir, Hisham Barakat tewas beberapa jam setelah sebuah bom menghantam iring-iringan kendaraannya di Kairo, Senin (29/6/2015) pagi.

"Dia telah meninggal dunia," kata Menteri Kehakiman Mesir Ahmed al-Zind di rumah sakit tempat Hisham dirawat usai serangan bom itu.

Hisham Barakat adalah pejabat pemerintah Mesir paling senior yang tewas sejak kelompok-kelompok militan menggelar pemberontakan menyusul kudeta yang dilakukan militer saat menggulingkan Mohammed Mursi pada 2013.

Pembunuhan Hisham Barakat ini menjadi tamparan keras bagi Presiden Abdel Fattah al-Sisi, mantan panglima angkatan darat yang juga menjadi otak penggulingan Mursi. Di masa kampanye pemilihan presiden Al-Sisi berjanji akan memberantas kelompok radikal dari Mesir.

Bom yang menghantam iring-iringan mobil Hisham Barakat juga menghancurkan setidaknya lima unit mobil dan kaca depan beberapa toko di kawasan elite Heliopolis.

"Ledakan terjadi sangat mendadak. Akibatnya banyak kaca beterbangan, seperti sedang terjadi gempa bumi," ujar seorang pengawal Barakat yang dirawat di rumah sakit.

Komandan pasukan penjinak bom Jenderal Mohamed Gamal mengatakan ledakan itu kemungkinan berasal dari bom mobil atau sebuah bom yang dipasang di bawah sebuah kendaraan.

Pengeboman itu terjadi setelah kelompok radikal Mesir yang berafiliasi dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) menyerukan serangan terhadap para aparat kehakiman menyusul hukuman gantung terhadap enam anggota kelompok militan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com