Kompas.com - 29/06/2015, 18:15 WIB
EditorErvan Hardoko
NEW DELHI, KOMPAS.com - Dua orang narapidana berhasil lolos dari sebuah penjara berkeamanan tinggi di New Delhi dengan cara menggali terowongan. Demikian dikabarkan sejumlah media setempat, Senin (29/6/2015).

Kedua narapidana itu kabur akhir pekan lalu dari penjara Tihar yang merupakan penjara terbesar di Asia. Aparat keamanan menyatakan aksi ini merupakan sebuah tindakan yang terencana dengan baik.

Salah satu narapidana diidentifikasi bernama Faizan atau Javed. Dia tengah menanti persidangan dalam kasus perampokan sudah tertangkap kembali pada Minggu (28/6/2015) dan kini tengah menjalani pemeriksaan.

"Mereka kabur pada Sabtu atau Minggu. Kami akan menyelidiki bagaimana mereka bisa kabur. Masih terlalu dini untuk mengatakan bagaimana cara mereka meloloskan diri," kata wakil inspektur jenderal LP Tihar, Mukesh Prasad.

Para sipir membunyikan alarm pada Minggu saat mereka tak menemukan kedua narapidana tersebut saat melakukan absen.

Kedua narapidana itu melubangi dinding sel sebelum mereka menggali lubang di bawah dinding pembatas dan kemudian merangkak menyusuri gorong-gorong. Demikian dikabarkan harian The Times of India.

Di dalam penjara ini terdapat para tokoh kelompok militan, anggota gangster dan pelaku kriminal lainnya. Penjara ini dalam kondisi kelebihan penghuni karena menampung sekitar 13.500 narapidana padahal kapasitas sesungguhnya hanya 6.250 orang saja.

Awal bulan ini, Komisi HAM India meminta pengelola LP Tihar untuk menjelaskan pembunuhan 18 orang narapidana dalam satu bulan oleh sekelompok geng yang menguasai penjara itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.