Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gali Terowongan, 2 Napi Lolos dari Penjara Terketat di India

Kompas.com - 29/06/2015, 18:15 WIB
NEW DELHI, KOMPAS.com - Dua orang narapidana berhasil lolos dari sebuah penjara berkeamanan tinggi di New Delhi dengan cara menggali terowongan. Demikian dikabarkan sejumlah media setempat, Senin (29/6/2015).

Kedua narapidana itu kabur akhir pekan lalu dari penjara Tihar yang merupakan penjara terbesar di Asia. Aparat keamanan menyatakan aksi ini merupakan sebuah tindakan yang terencana dengan baik.

Salah satu narapidana diidentifikasi bernama Faizan atau Javed. Dia tengah menanti persidangan dalam kasus perampokan sudah tertangkap kembali pada Minggu (28/6/2015) dan kini tengah menjalani pemeriksaan.

"Mereka kabur pada Sabtu atau Minggu. Kami akan menyelidiki bagaimana mereka bisa kabur. Masih terlalu dini untuk mengatakan bagaimana cara mereka meloloskan diri," kata wakil inspektur jenderal LP Tihar, Mukesh Prasad.

Para sipir membunyikan alarm pada Minggu saat mereka tak menemukan kedua narapidana tersebut saat melakukan absen.

Kedua narapidana itu melubangi dinding sel sebelum mereka menggali lubang di bawah dinding pembatas dan kemudian merangkak menyusuri gorong-gorong. Demikian dikabarkan harian The Times of India.

Di dalam penjara ini terdapat para tokoh kelompok militan, anggota gangster dan pelaku kriminal lainnya. Penjara ini dalam kondisi kelebihan penghuni karena menampung sekitar 13.500 narapidana padahal kapasitas sesungguhnya hanya 6.250 orang saja.

Awal bulan ini, Komisi HAM India meminta pengelola LP Tihar untuk menjelaskan pembunuhan 18 orang narapidana dalam satu bulan oleh sekelompok geng yang menguasai penjara itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com