Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/06/2015, 04:15 WIB

JOHANNESBURG, KOMPAS.com — Bertubuh besar dengan taring raksasa di mulutnya sudah membuat penampilan seekor kuda nil sangat menakutkan.

Jangan sekali-kali mencoba mengganggu anak seekor kuda nil jika tidak ingin bernasib naas. Nasib buruk itulah yang menimpa seekor buaya di Danau Panic, Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan.

Seorang fotografer amatir, Ken Haley, sangat beruntung bisa mendapatkan serangkaian foto perkelahian seekor induk kuda nil dan seekor buaya yang hendak memangsa bayi kuda nil. Kejadian langka ini terjadi pada 11 Juni 2015 lalu.

"Induk kuda nil dan bayinya tengah berendam sekitar 100 meter dari tempat berendam utama sekelompok kuda nil," ujar Haley.

"Saat itu, seekor buaya tengah berbaring diam di tepian danau dan seperti tidak melakukan sesuatu ketika induk kuda nil itu tiba-tiba keluar dari air dan menyerang si buaya," lanjut Haley.

Fotografer kelahiran Inggris 62 tahun lalu itu mengatakan, awalnya dia menduga induk kuda nil itu menyerang buaya untuk melindungi anaknya.

"Saya sangat terkejut dengan kecepatan induk kuda nil keluar dari air dan menyerang buaya itu," kata Haley yang kini tinggal di Afrika Selatan itu.

"Kuda nil itu pasti merasa bayinya tengah diincar buaya tersebut dan instingnya mengatakan dia harus melindungi bayinya," kata Haley.

Dalam foto-foto yang dihasilkan Haley, terlihat induk kuda nil itu menggigit tubuh si buaya dengan rahangnya yang sangat besar itu, sementara sang buaya meronta-ronta berusaha melepaskan diri dari gigitan induk kuda nil.

"Induk kuda nil sempat mengigit tubuh buaya itu selama beberapa detik sebelum si buaya berhasil melepaskan diri, lalu menyelam ke dasar danau dan tak terlihat lagi," kata Haley.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.