Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Mencoba Masuk Kembali ke Kota Kobani

Kompas.com - 25/06/2015, 16:42 WIB
BEIRUT, KOMPAS.com - Pasukan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Kamis (25/6/2015), memasuki kembali medan pertempuran di kota Kobani, Suriah. Mereka meledakkan bom bunuh diri dan memerangi pasukan Kurdi di kota perbatasan tersebut.

"ISIS meledakkan bom bunuh diri di kawasan dekat pintu perbatasan dengan Turki, menewaskan sedikitnya lima orang," kata Direktur Lembaga Pemantau HAM Irak, Rami Abdel Rahman.

"Pertempuran sengit terjadi di pusat kota dan banyak jasad bergelimpangan di jalanan," tambah Rami tanpa menyebut jumlah korban tewas dalam pertempuran itu.

Namun, pemerintah Turki membantah keterangan Rami Abdul Rahman itu. Turki mengatakan ISIS memasuki kembali Kobani tidak dari wilayah negeri itu.

"Berdasarkan informasi yang kami terima ISIS memasuki kembali Kobani dari Jarablus di Suriah," demikian pernyataan pemerintah provinsi Sanliurfa yang berbatasan dengan Suriah.

Sementara itu seorang pejabat tinggi Turki mendukung pernyataan pemerintah provinsi Sanliurfa itu. "Kami memiliki bukti kuat bahwa mereka (ISIS) tak pernah berada atau melintas dari Turki," kata pejabat itu sambil mengatakan sejumlah bukti akan dipublikasikan dalam  waktu dekat.

Namun, Arin Shekhmos, aktivis Kurdi Suriah, bersikukuh bahwa ISIS memasuki Irak dan Suriah melewati pintu perbatasan Mursipitnar, Turki untuk memasuki Kobani.

Shekhmos menambahkan pasukan ISIS itu mengenakan seragam Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) sebagai penyamaran saat memasuki kota perbatasan itu.

Barat mengecam Turki karena dianggap tak berbuat banyak untuk mencegah masuknya para calon anggota ISIS baik ke Irak maupun Suriah melewati perbatasan sepanjang 911 kilometer.

Turki menepis tudingan itu dan balik meneyebut Barat yang dianggat tak memainkan perannya untuk membagi beban khususnya dalam menampung para pengungsi dari Suriah.

Pada Oktober tahun lalu, pasukan Kurdi Suriah dibantu serangan udara koalisi pimpinan AS serta milisi Peshmerga Irak menggagalkan upaya ISIS untuk merebut kota Kobani.

Setelah menguasai Kobani, pasukan Kurdi Suriah terus maju ke wilayah yang diduduki ISIS dan belum lama ini berhasil menguasai kota perbatasan lainnya, Tal Abyad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com