Korut Klaim Temukan Obat untuk Sembuhkan AIDS, Ebola, dan MERS

Kompas.com - 19/06/2015, 19:12 WIB
Mirror Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tengah memberikan pengarahan untuk para ilmuwan negeri itu.
PYONGYANG, KOMPAS.com — Pemerintah Korea Utara mengklaim telah berhasil menemukan satu obat mujarab yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk AIDS, ebola, sars, dan MERS.

Kabar ini disampaikan kantor berita Korea Utara, KCNA, yang menyebut para ilmuwan negeri itu berhasil mengembangkan obat yang dinamai Kumdang-2 yang berbahan dasar ginseng dan beberapa bahan lain yang tak disebutkan.

Ginseng sudah digunakan sebagai obat-ibatan selama beratus-ratus tahun. Tanaman ini diyakini bisa meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kadar gula darah, mengatasi kanker, masalah jantung, kelelahan, disfungsi ereksi, hepatitis C, tekanan darah tinggi, dan berbagai penyakit lainnya.

Klaim Korea Utara ini muncul pada saat negeri tetangga sekaligus rival abadi Korea Selatan tengah berkutat dengan wabah penyakit MERS yang sejauh ini sudah menewaskan puluhan orang.

Klaim ini juga muncul di tengah kabar Korea Utara tengah mengalami musim kering terburuk dalam satu abad terakhir sehingga sejumlah pengamat menduga klaim ini adalah upaya negeri itu mengalihkan perhatian dari masalah kekeringan tersebut.

Bukan kali ini saja Korea Utara mengklaim telah sukses mengembangkan obat mujarab untuk beberapa jenis penyakit.

Negeri itu juga pernah mengatakan telah menemukan obat untuk menangkal flu burung pada saat wabah penyakit ini merebak pada 2006 dan 2013.



EditorErvan Hardoko
SumberMirror
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya


Close Ads X