Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Teroris Khaled Sharrouf Kecoh Petugas Bandara Sydney

Kompas.com - 16/06/2015, 17:16 WIB


KOMPAS.com — Dalam tempo kurang dari dua menit, teroris asal Australia, Khaled Sharrouf, berhasil mengecoh petugas di Bandara Sydney saat akan meninggalkan negara itu untuk bergabung dengan ISIS. Ia menggunakan paspor saudaranya dan berhasil lolos.

Hal itu terungkap dalam evaluasi Departemen Customs and Border Protection yang diperoleh ABC melalui UU Kebebasan Informasi.

Perjalanan Sharrouf dari seorang kriminal di Sydney hingga bergabung dengan ISIS di Timur Tengah bermula pada Desember 2013 saat ia meninggalkan Australia.

Meskipun saat itu ia masuk dalam daftar pengawasan, Sharrouf berhasil lolos dari pemeriksaan di bandara dengan menggunakan paspor milik saudaranya.

Menurut laporan evaluasi itu, Sharrouf memasuki antrean pemeriksaan di Bandara Sydney pada pukul 09.11, 6 Desember 2013.

Disebutkan bahwa petugas melakukan pengecekan wajah Sharrouf dengan foto di paspor yang ia serahkan. Pengecekan dilakukan sampai dua kali dan bahkan petugas agak enggan untuk membiarkannya lewat.

Namun, laporan itu juga menyebutkan hanya diperlukan 1 menit 40 detik untuk pengecekan terhadap Sharrouf sebelum ia berhasil naik ke pesawat.

Laporan itu menyebutkan, kegagalan mendeteksi Sharrouf itu masih dalam batas toleransi dalam sistem pengecekan paspor di bandara.

Juru bicara Kementerian Imigrasi menyatakan, rekomendasi laporan evaluasi ini akan digunakan untuk memperkuat pengaturan di bandara.

"Itu termasuk penempatan unit anti-teror di bandara internasional, penggunaan teknologi biometrik dalam pengecekan calon penumpang, dan meningkatkan interaksi antarpenegak hukum," katanya. (Jason Om)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com