Kompas.com - 15/06/2015, 06:33 WIB
EditorHindra Liauw

KOMPAS.com - Turki mulai mengizinkan ribuan warga Suriah masuk ke wilayahnya Mereka mengungsi dari sebuah kota yang dikuasai kelompok militan yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS.

Para pejuang Kurdi sedang melancarkan perang untuk merebut kembali kota Tal Abyad.

Ribuan pengungsi dari kota itu dan kampung-kampung sekitarnya tidur di alam terbuka selama dua hari belakangan di dekat perbatasan dengan Turki.

Sebelumya Turki mencegah para pengungsi itu memasuki wilayahnya namun sejumlah pengungsi tetap berupaya untuk melintasi perbatasan, antara lain dengan membuat lobang di pagar perbatasan maupun memanjat pagar.

Pejuang Kurdi -yang mendapat bantuan serangan udara dari koalisi pimpinan Amerika Serikat- dilaporkan sudah berada di gerbang kota Tal Abyad.

Dikuasainya kembali kota itu diharapkan bisa menghentikan pasokan dari wilayah perbatasan ke Negara Islam dan kota Raqqa yang mereka kuasai.

Sebagian dari para pengungsi yang baru melintasi perbatasan, Minggu (14/06) malam, waktu setempat sudah memiliki keluarga yang lebih dulu tiba di sana.

Media Turki memperkirakan sekitar 3.000 pengungsi akan masuk ke wilayahnya setelah perbatasan Akcakale dibuka.

Sejak maraknya konflik di Suriah -yang berawal dari pemberontakan atas Presiden Bashar al-Assad hingga gerak maju kelompok Negara Islam yang menguasai sejumlah wilayah- sekitar 1,8 juta warga Suriah mengungsi ke Turki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.