Kompas.com - 12/06/2015, 22:17 WIB
EditorErvan Hardoko
NUREMBURG, KOMPAS.com — Sejumlah lukisan dan gambar karya diktator Jerman, Adolf Hitler, ketika masih menjadi seniman, dilelang di kota Nuremburg, Jerman, pekan depan.

Sejumlah lukisan pemandangan yang dibuat dengan menggunakan cat air dan beberapa lukisan perempuan telanjang ada di antara 14 karya seni Hitler yang akan dilelang itu.

Karya-karya Hitler itu dibuat antara 1904 dan 1922 dan diharapkan laku terjual antara 700 dan 32.600 poundsterling atau setara Rp 14,5 juta hingga Rp 675 juta.

Sebelum dikenal sebagai pemimpin Jerman, Adolf Hitler bercita-cita menjadi seniman. Dia kemudian mendaftarkan diri ke Akademi Seni Vienna, Austria, tetapi gagal.

Meski gagal menimba ilmu, Hitler melanjutkan kegemaran melukisnya, meniru gambar-gambar dari kartu pos, dan kemudian menjualnya kepada para wisatawan. Para pakar seni menilai, lukisan-lukisan karya Hitler hanya berkualitas medioker.

Lukisan termahal yang akan dilelang adalah lukisan Istana Neuschwanstein milik Raja Ludwig II di Bavaria yang kini menjadi salah satu tujuan wisata. Di beberapa karya seninya terdapat tanda tangan "A Hitler".

Sejumlah lukisan karya Hitler ini menurut rencana akan dilelang pada 18-20 Juni di balai lelang Weidler, Nuremburg.

Pada November tahun lalu, sebuah lukisan cat air karya Hitler pada 1914, yang menampilkan gedung balai kota Munich, terjual 130.000 euro atau sekitar Rp 1,9 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Daily Mail


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.