Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HSBC akan PHK 8.000 Karyawan di Inggris

Kompas.com - 10/06/2015, 03:34 WIB

KOMPAS.com - Bank terbesar di Eropa, HSBC, akan mengurangi 8.000 karyawan di Inggris sebagai upaya untuk mengurangi biaya dan menyederhanakan bisnisnya.

Bank tersebut memiliki 48.000 karyawan di Inggris dan pengurangan akan ditempuh pada bagian operasi eceran dan bank investasi.

Di seluruh dunia, HSBC akan mengurangi 25.000 karyawan, yang berarti pengurangan sekitar 10 persen dari total 266.000 karyawan.

Selain itu HSBC juga akan menempuh langkah pembaruan merek untuk cabang-cabang ritelnya di Inggris namun belum memastikan nama barunya.

Pilihannya adalah Midland Bank, yang mereka beli tahun 1992, atau menggunakan namanya di internet, First Direct.

Pimpinan eksekutif HSBC, Stuart Gulliver, mengatakan mereka ingin agar pelanggan bisa membedakan antara bank investasi HSBC dengan operasi ritel.

Bulan Februari, sebuah program investigasi BBC menemukan HSBC membantu para kliennya di seluruh dunia untuk menghindari pembayaran pajak yang nilainya mencapai ratusan juta poundsterling.

Mereka mengakui bahwa sejumlah orang telah menyalahgunakan kerahasiaan bank untuk memiliki rekening yang tidak diumumkan namun menegaskan sudah melakukan perubahan yang mendasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com