Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota di India Bayar Warga agar Gunakan Toilet Umum

Kompas.com - 09/06/2015, 15:15 WIB
AHMEDABAD, KOMPAS.com — Sebuah dewan kota di India barat sedang berencana untuk membayar warga agar mau menggunakan toilet umum. Langkah itu merupakan upaya putus asa untuk menghentikan orang-orang yang suka buang air kecil dan buang air besar di tempat terbuka.

Ahmedabad Municipal Corporation (AMC) telah memutuskan untuk memberikan warga satu rupee setiap kunjungan demi menarik mereka ke 300 toilet umum yang tersedia dan menjauh dari daerah terbuka dan dinding publik, yang sering berbau pesing.

Petugas kesehatan AMC, Bhavikk Joshi, mengatakan, tawaran tersebut akan diujicobakan di 67 fasilitas umum di Ahmedabad, kota utama di Negara Bagian Gujarat di India barat, di mana petugas akan memberikan sebuah koin kepada setiap pengguna. "Setelah sukses, proyek itu akan dilaksanakan di semua 300 toilet umum di Ahmedabad," kata Joshi kepada AFP, Senin (8/6/2015).

Langkah tersebut merupakan upaya terbaru untuk memotivasi orang agar menggunakan toilet setelah Pemerintah India mengumumkan kampanye kebersihan tahun lalu yang diperjuangkan Perdana Menteri Narendra Modi.

Banyak orang di India menganggap toilet tidak higienis. Mereka lebih memilih jongkok di tempat terbuka karena percaya bahwa lebih bersih buang air besar jauh dari rumah.

Ketua AMC, Pravin Patel, mengatakan, para pelanggar akan "diidentifikasi dan didorong" untuk menggunakan toilet dengan imbalan bayaran. "Ide di balik proyek ini adalah demi mencegah buang air besar secara terbuka di beberapa wilayah kota di mana orang, walaupun memiliki toilet umum, tetap buang air besar di tempat terbuka," kata Patel kepada AFP.

Pemerintah India tahun lalu mengumumkan sebuah skema untuk memeriksa apakah orang-orang yang diberi toilet, sebagai bagian dari kampanye kebersihan, benar-benar menggunakannya, dengan menempatkan inspektur sanitasi yang pergi dari pintu ke pintu.

Unicef memperkirakan bahwa hampir 594 juta orang, atau hampir setengah dari populasi India, buang air besar di tempat terbuka. Situasinya memburuk di daerah pedesaan yang miskin dan kotor.

Kurangnya toilet dan masalah sanitasi lainnya telah menyebabkan masalah kesehatan yang besar di India karena menimbulkan penyakit seperti diare.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com