Kompas.com - 04/06/2015, 09:14 WIB
EditorEgidius Patnistik
KOMPAS.com - Setiap tahunnya, puluhan unta berpacu dalam balapan yang digelar di Uluru, di negara bagian Kawasan Utara. Balapan ini pun menjadi ajang untuk menggalang dana untuk membantu sejumlah yayasan dan organisasi non-profit.

Dengan keadaan cuaca yang mendung, Balapan Unta atau Camel Cup tetap digelar di Uluru, Kawasan Australia Utara, Minggu (31/05/2015).

Pihak penyelenggara terpaksa melakukan prosedur keselamatan yang lebih cermat untuk memastikan unta-unta tetap bisa berlari dalam keadaan tanah yang basah.

Balapan Unta Uluru adalah acara tahunan yang digelar sejak tahun 2012.

Salah satu tujuan dari balapan unta ini adalah untuk menarik perhatian pengunjung dan turis. Diharapkan mereka dapat merasakan kehidupan di alam bebas Australia, atau istilahnya outback.

Setiap tahunnya, balapan ini pun digelar untuk menggalang dana yang diberikan ke sejumlah yayasan.

Para pengunjung yang hadir berdandan rapi, seperti halnya pada acara balapan kuda yang digelar setiap tahunnya di kota Melbourne.

Sejumlah kegiatan lain, seperti rodeo, lomba busana bagi anak-anak, dan sejumlah suguhan makanan khas wilayah pedesaan Australia turut disajikan.

Menurut Chris Hall, panitia penyelenggara acara, balapan unta berbeda dengan balapan kuda dalam soal teknis.

"Setiap unta memiliki punduk yang berbeda-beda, ada yang panjang, yang kecil, atau yang memiliki ujung yang sedikit runcing, jadi kuncinya adalah pada sadel yang harus dicocokkan dengan punduk masing-masing unta," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.