Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Selatan Uji Coba Misil Balistik yang Bisa Hantam Korea Utara

Kompas.com - 03/06/2015, 18:53 WIB
SEOUL, KOMPAS.com — Korea Selatan, Rabu (3/6/2015), melakukan uji coba sebuah misil balistik baru yang diklaim bisa menghantam semua sasaran di Korea Utara.

Kantor kepresidenan Korea Selatan mengatakan, misil balistik yang dikembangkan di bawah kesepakatan baru dengan Amerika Serikat itu membuat Seoul bisa meningkatkan daya jangkau misil tersebut hingga 800 kilometer.

Presiden Park Geun-hye membuat sebuah kunjungan langka ke sebuah pangkalan peluru kendali di pesisir barat negeri itu untuk menyaksikan uji coba.

"Uji coba ini menunjukkan kemampuan misil balistik yang sudah disempurnakan ini yang mampu menghantam semua sasaran di Korea Utara, dengan tingkat presisi tinggi, pada saat terjadinya provokasi atau agresi," demikian pernyataan Gedung Biru, kantor kepresidenan Korea Selatan.

Uji coba ini digelar setelah Korea Utara mengklaim sukses melakukan uji coba misil balistik yang diluncurkan dari kapal selam. Namun, sejumlah pakar militer AS meragukan keabsahan klaim Korea Utara itu.

Persenjataan balistik Korea Selatan dikembangkan di bawah perjanjian baru dengan Amerika Serikat pada 2012, yang bertujuan untuk menambah daya jelajah misil Korea Utara hingga dua kali lipat untuk mengimbangi persenjataan Korea Utara.

Korea Utara telah memiliki persenjataan peluru kendali dengan daya jelajah bervariasi dan diyakini Korea Utara tengah mengembangkan sebuah misil balistik antarbenua yang bisa membawa hulu ledak nuklir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com