Kompas.com - 03/06/2015, 18:53 WIB
EditorErvan Hardoko
SEOUL, KOMPAS.com — Korea Selatan, Rabu (3/6/2015), melakukan uji coba sebuah misil balistik baru yang diklaim bisa menghantam semua sasaran di Korea Utara.

Kantor kepresidenan Korea Selatan mengatakan, misil balistik yang dikembangkan di bawah kesepakatan baru dengan Amerika Serikat itu membuat Seoul bisa meningkatkan daya jangkau misil tersebut hingga 800 kilometer.

Presiden Park Geun-hye membuat sebuah kunjungan langka ke sebuah pangkalan peluru kendali di pesisir barat negeri itu untuk menyaksikan uji coba.

"Uji coba ini menunjukkan kemampuan misil balistik yang sudah disempurnakan ini yang mampu menghantam semua sasaran di Korea Utara, dengan tingkat presisi tinggi, pada saat terjadinya provokasi atau agresi," demikian pernyataan Gedung Biru, kantor kepresidenan Korea Selatan.

Uji coba ini digelar setelah Korea Utara mengklaim sukses melakukan uji coba misil balistik yang diluncurkan dari kapal selam. Namun, sejumlah pakar militer AS meragukan keabsahan klaim Korea Utara itu.

Persenjataan balistik Korea Selatan dikembangkan di bawah perjanjian baru dengan Amerika Serikat pada 2012, yang bertujuan untuk menambah daya jelajah misil Korea Utara hingga dua kali lipat untuk mengimbangi persenjataan Korea Utara.

Korea Utara telah memiliki persenjataan peluru kendali dengan daya jelajah bervariasi dan diyakini Korea Utara tengah mengembangkan sebuah misil balistik antarbenua yang bisa membawa hulu ledak nuklir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.