Kompas.com - 01/06/2015, 11:41 WIB
EditorEgidius Patnistik
BEIJING, KOMPAS.com - Kota Beijing, China, mulai memberlakukan peraturan baru larangan merokok di tempat-tempat umum. Larangan merokok ini sebelumnya sudah ada di China, namun sebagian besar gagal diterapkan.

Peraturan yang lebih keras ini melarang warga merokok di restoran-restoran, kantor-kantor dan sarana transportasi umum di Beijing.

Ribuan pengawas diterjunkan untuk menerapkan peraturan baru yang sebenarnya telah disepakati oleh parlemen pada November 2014 tetapi mulai berlaku pada tanggal 1 Juni. Dalam peraturan baru tersebut, semua orang yang berada di kota Beijing yang melanggar larangan rokok akan didenda 200 yuan atau sekitar Rp 422.500.

Sementara untuk perusahaan yang tidak patuh terhadap peraturan larangan rokok di kantor, denda yang berlaku adalah 10.000 yuan.

Didaftar dan ditampillkan

Pedoman Departemen Kesehatan yang diterbitkan tahun 2011 melarang aktivitas merokok di tempat-tempat umum di negara tersebut seperti hotel-hotel dan restoran-restoran.

Peraturan ini sudah jelas, dan seringkali dilanggar oleh para perokok di China yang sudah terbiasa menghisap tembakau di tempat-tempat umum. Oleh karena itu pihak berwenang merasa perlu membuat peraturan baru. Setiap orang yang melanggar peraturan rokok baru akan didaftar dan diumumkan di laman resmi pemerintah, lapor kantor berita Reuters.

Selain itu peraturan baru juga akan melarang sejumlah iklan tembakau di negara itu.

Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyambut baik peraturan baru yang lebih ketat di China. Jumlah perokok di China mencapai lebih dari 300 juta orang dan lebih dari satu juta orang China meninggal akibat penyakit yang berhubungan dengan merokok setiap tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.