Kompas.com - 31/05/2015, 10:34 WIB
EditorErvan Hardoko
ZURICH, KOMPAS.com - Seperti telah diberitakan, meski sebagian petinggi FIFA kini menjadi tersangka korupsi dan suap, namun orang nomor satu di organisasi sepak bola sedunia itu Sepp Blatter sejauh ini aman dari tudingan.

Bahkan, Blatter terpilih kembali menjadi Presiden FIFA untuk kelima kalinya dalam pemilihan yang digelar di tengah-tengah krisis suap yang menghantam organisasi tersebut.

Setelah dihantam banyak pemberitaan negatif yang bermuara pada penangkapan sejumla pejabat FIFA, mengapa Blatter masih mendapat banyak dukungan dari masyarakat sepak bola dunia?

Satu penyebab utamanya adalah masih kuatnya dukungan untuk Blatter dari negara-negara Asia dan Afrika. Jadi mengapa kedua benua ini masih mendukung Blatter?

Jawabannya mungkin ada pada Amaju Pinnick, presiden baru Federasi Sepak Bola Nigeria (NFF). Kepada BBC dia memberikan analisa mengapa Afrika begitu mencintai Blatter.

"Blatter merasakan Afrika, dia melihat Afrika dan dia memberi banyak untuk Afrika lewat berbagai program FIFA," ujar Amaju.

"Tanpa Blatter kami (Afrika) tak mungkin menikmati banyak keuntungan dari FIFA seperti yang kami rasakan saat ini. Blatter mendorong adanya kesetaraan dan keadilan di antara negara-negara (anggota FIFA). Kami tak ingin menjadi sekadar eksperiman," tambah Amaju.

Jika Anda masuk ke situs resmi FIFA dan mencari "pembangunan global" maka akan muncul sebuah laman interaktif dengan simbol-simbol yang dapat di-klik yang menunjukkan semua proyek FIFA dalam beberapa tahun terakhir dan semua berada di bawah kendali Blatter.

BBC kemudian mencoba melihat profil Chad, yang selama ini tak dikenal sebagai salah satu kekuatan sepak bola Afrika.

Sejak 2011, menurut FIFA, negeri itu sudah mendapatkan 26 proyek dari organisasi sepak bola dunia itu. Misalnya, lapangan sepak bola artifisial, pusat pengembangan teknik, markas federasi sepak bola baru.

Halaman:
Sumber BBC
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.