Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banglades Akan Pindahkan 32.000 Pengungsi Rohingya ke Sebuah Pulau

Kompas.com - 27/05/2015, 19:01 WIB
DHAKA, KOMPAS.com — Pemerintah Banglades berencana memindahkan ribuan pengungsi etnis Rohingya yang sudah beberapa tahun menghuni beberapa kamp di perbatasan dengan Myanmar ke sebuah pulau. Demikian keterangan seorang pejabat Banglades, Rabu (27/5/2015).

Kepala Badan Urusan Pengungsi Banglades Amit Kumar Baul mengatakan, pemerintah negeri itu tengah mempersiapkan Pulau Hatiya di Telung Bengala sebagai tempat menampung para pengungsi Rohingya.

"Pemindahan kamp-kamp pengungsi Rohingya sudah pasti akan dilakukan. Sejauh ini, sejumlah langkah informal sudah diambil sesuai dengan instruksi perdana menteri," ujar Baul.

Di Banglades, kini tercatat 32.000 orang pengungsi Rohingya yang ditempatkan di dua kamp pengungsi di sebelah tenggara kota Cox's Bazar yang berbatasan dengan Myanmar.

Cox's Bazar adalah salah satu tujuan wisata terkemuka di Banglades. Karena itu, kata Baul, pemindahan pengungsi Rohingya sangat terkait dengan masalah pariwisata di kota itu.

Rencana pemindahan lokasi pengungsi ini ditentang para pengungsi Rohingya. Seorang pemimpin pengungsi mengatakan, pemindahan itu akan membuat kehidupan mereka akan jauh lebih buruk.

"Kami ingin pemerintah (Banglades) dan organisasi internasional untuk menyelesaikan masalah kami di sini," kata Mohammad Islam, seorang pemimpin komunitas di salah satu kamp pengungsi itu.

Kabar rencana pemindahan pengungsi Rohingya itu muncul beberapa hari setelah PM Sheikh Hasina mengecam para pengungsi ekonomi Banglades sebagai orang "berpenyakit mental" dan mencoreng nama negara di mata dunia internasional.

Pulau Hatiya adalah sebuah pulau yang terletak di wilayah utara Teluk Bengala di muara Sungai Meghna, Banglades. Pulau ini memiliki luas 371 kilometer persegi, berpenduduk padat, dan kerap diterjang badai serta gelombang laut yang besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com