Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemimpin Chechnya Minta Para Suami Larang Istri Mereka Gunakan WhatsApp

Kompas.com - 22/05/2015, 15:19 WIB
GROZNY, KOMPAS.com - Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov memerintahkan para pria di negeri itu untuk melarang para istri mereka untuk menggunakan aplikasi pesan singkat WhatsApp. Demikian dikabarkan stasiun televisi Russian Today, Kamis (21/5/2015).

Kadyrov menyampaikan hal itu di hadapan sejumlah orang yang ketahuan bergosip soal pernikahan kepala kepolisian Chechnya Nazhud Guchigov (47) dengan gadis remaja Kheda Goilabiyeva (17) yang menjadi perbincangan internasional.

"Jadilah orang Chechnya, pikirkan anak-anak kalian. Kehormatan keluarga adalah yang terpenting, jangan biarkan orang lain melanggarnya. Jangan menulis di WhatsApp, buat istri kalian meninggalkan WhatsApp," kata Kadyrov.

"Kunci mereka di dalam rumah, jangan biarkan mereka keluar jadi mereka tidak akan mengunggah apapun (ke WhatsApp)," tambah Kadyrov seperti dikabarkan BBC.

Banyak warga Rusia yang mengecam pernikahan Guchigov dan Goilabiyeva yang menyebabkan kehebohan di media dan menempatkan Kadyrov, sekutu dekat Presiden Vladimir Putin, dalam posisi yang tak menguntungkan.

Pernikahan ini digelar pekan lalu. Goilabiyeva dalam pernikahan itu terlihat pucat dan saat dia mengatakan persetujuannya untuk menikahi Guchigov, suaranya terdengar bergetar.

Guchigov sendiri sudah memiliki seorang istri dan anak laki-laki, namun tetap mengambil gadis itu sebagai istri keduanya. Padahal, undang-undang Rusia melarang seseorang pria melakukan poligami.

Namun, Kadyrov mendukung orang dekatnya itu mengambil Goilabiyeva sebagai istri dan mengklaim orangtua gadis itu merestui pernikahan tersebut. Padahal sejumlah media Rusia menyebut Guchigov mengancam akan memberi konsekuensi buruk jika lamarannya ditolak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com