Kompas.com - 21/05/2015, 04:41 WIB
EditorFidel Ali Permana

KOMPAS.com- Dua patung kuda dari perunggu yang pernah berdiri di kantor Adolf Hitler ditemukan di antara beberapa karya seni era Nazi lainnya.

Kepolisian Jerman mengatakan kumpulan karya seni itu ditemukan dalam serangkaian penggrebekan ke pasar seni gelap. Delapan orang kini sedang diselidiki.

Kedua patung kuda yang diberi judul Walking Horses merupakan karya Josef Thorak yang dibuat khusus untuk kantor Kanselir Jerman di Berlin.

Pada Perang Dunia ke II gedung itu rusak berat dan kemudian dihancurkan oleh pasukan Uni Soviet.

Polisi juga menemukan sebuah patung granit karya Arno Breker dengan menampilkan pria berotot tanpa kaus, yang sering disebut sebagai karya seni 'gaya Nazi'.

Karya-karya seni ini terakhir kali terlihat di sebuah barak tentara Uni Soviet di dekat Berlin tahun 1989, tak lama sebelum ambruknya Tembok Berlin.

Koran Jerman, Bild, melaporkan sebelum menghilang, kedua patung kuda tersebut dicat berwarna emas, rusak akibat tembakan peluru, dan menjadi tempat main anak-anak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.