Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Luksemburg Nikahi Pasangan Homoseksualnya

Kompas.com - 15/05/2015, 18:02 WIB
LUKSEMBURG, KOMPAS.com — Perdana Menteri Luksemburg Xavier Bettel, Jumat (15/5/2015), akan menikahi pasangan gaynya. Xavier menjadi pemimpin Uni Eropa pertama yang menjalani pernikahan sesama jenis.

Bettel (20), seorang politisi berhaluan kanan-tengah, menjadi perdana menteri pada 2013. Dia akan menikahi pasangannya Gauthier Destenay, seorang arsitek Belgia, beberapa bulan setelah negeri konservatif itu melegalkan pernikahan gay.

Pernikahan yang akan digelar di balai kota Luksemburg itu tertutup untuk media dan akan dilanjutkan dengan pesta pribadi sepanjang akhir pekan yang dihadiri sekitar 500 orang tamu, termasuk PM Belgia Charles Michel.

Selain menjadi pemimpin Uni Eropa pertama yang menikahi pasangan gaynya, Bettel adalah pejabat tinggi kedua di dunia setelah PM Eslandia Johanna Sigurdardottir yang menikahi pasangan sesama jenisnya pada 2010.

Pada Kamis atau sehari menjelang pernikahannya dengan Destenay, Bettel mengatakan, dia tak ingin menyembunyikan orientasi seksualnya.

"Saya bisa menyembunyikan atau menekannya dan menjalani hidup tidak bahagia selamanya. Saya bisa menjalin hubungan dengan seorang perempuan sekaligus menjalin hubungan homoseksual secara rahasia," kata Bettel kepada televisi publik Belgia, RTBF.

"Namun, saya katakan kepada diri saya sendiri bahwa jika saya ingin menjadi seorang politisi yang jujur, maka saya harus memulainya dengan jujur kepada diri saya sendiri dan menerima diri saya apa adanya," tambah Bettel.

Parlemen Luksemburg mengesahkan pernikahan sesama jenis kelamin pada Juni 2014 dan pernikahan gay pertama negeri itu terjadi pada 1 Januari 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com