Kompas.com - 15/05/2015, 18:02 WIB
EditorErvan Hardoko
LUKSEMBURG, KOMPAS.com — Perdana Menteri Luksemburg Xavier Bettel, Jumat (15/5/2015), akan menikahi pasangan gaynya. Xavier menjadi pemimpin Uni Eropa pertama yang menjalani pernikahan sesama jenis.

Bettel (20), seorang politisi berhaluan kanan-tengah, menjadi perdana menteri pada 2013. Dia akan menikahi pasangannya Gauthier Destenay, seorang arsitek Belgia, beberapa bulan setelah negeri konservatif itu melegalkan pernikahan gay.

Pernikahan yang akan digelar di balai kota Luksemburg itu tertutup untuk media dan akan dilanjutkan dengan pesta pribadi sepanjang akhir pekan yang dihadiri sekitar 500 orang tamu, termasuk PM Belgia Charles Michel.

Selain menjadi pemimpin Uni Eropa pertama yang menikahi pasangan gaynya, Bettel adalah pejabat tinggi kedua di dunia setelah PM Eslandia Johanna Sigurdardottir yang menikahi pasangan sesama jenisnya pada 2010.

Pada Kamis atau sehari menjelang pernikahannya dengan Destenay, Bettel mengatakan, dia tak ingin menyembunyikan orientasi seksualnya.

"Saya bisa menyembunyikan atau menekannya dan menjalani hidup tidak bahagia selamanya. Saya bisa menjalin hubungan dengan seorang perempuan sekaligus menjalin hubungan homoseksual secara rahasia," kata Bettel kepada televisi publik Belgia, RTBF.

"Namun, saya katakan kepada diri saya sendiri bahwa jika saya ingin menjadi seorang politisi yang jujur, maka saya harus memulainya dengan jujur kepada diri saya sendiri dan menerima diri saya apa adanya," tambah Bettel.

Parlemen Luksemburg mengesahkan pernikahan sesama jenis kelamin pada Juni 2014 dan pernikahan gay pertama negeri itu terjadi pada 1 Januari 2015.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.