Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Serang Sebuah Hotel di Kota Kabul, 14 Tewas

Kompas.com - 14/05/2015, 17:30 WIB
KABUL, KOMPAS.com — Sebanyak 14 orang, termasuk enam warga asing, tewas saat kelompok Taliban menyerang sebuah hotel di Kabul yang mengakibatkan puluhan orang yang tengah menyaksikan sebuah konser terjebak dan memicu baku tembak selama beberapa jam dengan aparat keamanan.

Sejumlah pejabat Afganistan, Kamis (14/5/2015), mengatakan, empat orang warga India, seorang warga AS, dan seorang warga Italia termasuk di antara korban tewas dalam pengepungan di Park Palace, Rabu malam.

Saat dikepung dan diserang, di tempat itu tengah digelar sebuah konser seorang penyanyi ternama Afganistan.

Kelompok Taliban mengklaim bertanggung jawab atas serangan dan baku tembak yang terjadi selama tujuh jam itu. Serangan ini terjadi pada saat militer Afganistan menghadapi serangan musim semi pertama mereka tanpa bantuan pasukan koalisi pimpinan AS.

"Sebuah serangan terhadap warga sipil yang berkumpul dalam sebuah acara kebudayaan di hotel Park Palace, Kabul, menewaskan 14 orang warga sipil dan melukai beberapa orang lainnya," demikian pernyataan Misi Bantuan PBB di Afganistan (UNAMA).

Jumlah korban yang disampaikan UNAMA itu dibenarkan oleh seorang perwira senior kepolisian Afganistan yang tak mau disebutkan namanya.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian Kabul Abdul Rahman Rahimi awalnya menyebut lima orang tewas dalam serangan itu. Namun, sejumlah pemerintah negara asing memastikan jumlah korban warga asing dalam insiden tersebut terus meningkat.

"Sebanyak 54 orang diselamatkan oleh pasukan keamanan," kata Rahimi setelah pasukan keamanan dalam jumlah besar datang ke lokasi hotel di kawasan elite Kabul yang populer di kalangan para pekerja badan internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com