Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Api Amtrak Terguling di Philadelphia, 5 Tewas

Kompas.com - 13/05/2015, 17:18 WIB

PHILADELPHIA, KOMPAS.com — Lima orang tewas dan setidaknya 50 orang lainnya terluka ketika sebuah kereta penumpang komuter tergelincir di kota Philadelphia, Amerika Serikat, Selasa (12/5/2015) malam waktu setempat.

Dalam insiden itu, 10 gerbong kereta api Amtrak yang digunakan dalam perjalanan dari Washington ke New York keluar dari jalurnya. Situs berita NBC10.com mengabarkan, lebih dari 240 penumpang berada di kereta bernomor Train 188 itu. Penyebab kecelakaan tersebut belum diketahui.

Para petugas unit gawat darurat dan pemadam kebakaran berada di tempat kejadian mencari penumpang yang mungkin terjebak dalam reruntuhan. Wali Kota Philadelphia, Michael Nutter, membenarkan setidaknya lima orang tewas.

"Pemandangannya sungguh mengerikan. Tak pernah saya melihat yang seperti ini dalam hidup saya," ujar Nutter kepada wartawan.

Nutter menambahkan, akibat kecelakaan tersebut, lokomotif kereta api sepenuhnya terpisah dari gerbong lain.

Nutter menambahkan, dari data yang diterimanya, 243 penumpang berada dalam kereta saat kecelakaan.

Seorang petugas pemadam kebakaran yang dikutip media mengatakan, setidaknya 50 penumpang dibawa ke rumah sakit karena terluka, enam di antaranya luka parah.

Sejumlah gambar di televisi menunjukkan, para penumpang yang terluka diangkut menggunakan tandu, dan petugas pemadam kebakaran masih mencari para penumpang yang terperangkap dalam reruntuhan.

Patrick Murphy, mantan anggota Kongres Amerika Serikat, mengatakan lewat akun Twitter-nya bahwa dia berada di dalam kereta itu saat kecelakaan terjadi. "Saya berada dalam @Amtrak sewaktu tabrakan. Saya baik-baik saja, dan sedang menolong yang lainnya. Berdoalah untuk mereka yang terluka," tulisnya.

Karyawan Associated Press, Paul Cheung, mengatakan bahwa dia beruntung berada di bagian belakang kereta tersebut, sementara bagian depan kereta "terlihat sangat parah". Cheung menambahkan, ia melihat beberapa orang terluka parah.

Polisi menutup lokasi kecelakaan dan meminta warga untuk menjauhi lokasi kecelakaan agar tim penyelamat leluasa saat merawat para penumpang yang terluka. Adapun Amtrak adalah layanan kereta api nasional yang mengangkut puluhan juta orang setiap tahunnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com