Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan Bom Tewaskan Seorang Jenderal Pasukan Peshmerga

Kompas.com - 12/05/2015, 20:16 WIB
IRBIL, KOMPAS.com - Sebuah bom yang meledak di wilayah utara Irak, Selasa (12/5/2015), menewaskan seorang komandan senior Kurdi yang selama ini sangat terlibat dalam perang melawan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Mayor Jenderal Salah Delmani, komandan brigade ke-118 pasukan Kurdi Peshmerga, tewas bersama dua pengawalnya ketika sebuah bom diledakkan di dekat mobil yang dikendarainy di kota Kirkuk.

Sejumlah pejabat Peshmerga, kepada kantor berita Associated Press, mengatakan sejauh ini belum dapat dipastikan apakah bom itu dipasang di mobil Jenderal Delmani atau iring-iringan mobilnya yang terkena ledakan bom pinggir jalan.

Sejauh ini belum ada kelompok yang menyatakan bertanggung jawab atas ledakan bom yang menewaskan Jenderal Delmani itu.

Kelompok ISIS berhasil merebut sebagian wilayah provinsi Kirkuk dalam serangan kilat yang digelar di wilayah utara Irak pada pertengahan tahun lalu. Namun, ISIS tak berhasil menguasai ibu kota provinsi itu.

Pada Januari lalu, seorang komandan senior Peshmerga Sherko Fatih tewas bersama delapan orang anak buahnya ketika ISIS menggelar serangan mendadak ke sebuah pos penjagaan di dekat kota Kirkuk.

Kirkuk adalah kota yang ditinggali etnis Arab, Kurdi dan Turki yang semuanya mengklaim paling berhak atas wilayah kaya minyak itu. Etnis Kurdi ingin memasukkan Kirkuk ke wilayah otonominya di wilayah utara Irak namun niat ini ditolak keras etnis Arab dan Turki.

Sejak kekalahan pasukan pemerintah Irak dari ISIS tahun laly, pasukan Peshmerga mengambil alih kendali di Kirkuk. Sejak saat itu, ISIS kerap menyerang kota tersebut karena juga berniat menguasai ladang-ladang minyak di sana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com