Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukungan Kian Berkurang, Partai Neo-Nazi Swedia Membubarkan Diri

Kompas.com - 11/05/2015, 23:06 WIB
STOCKHOLM, KOMPAS.com - Sebuah partai politik Swedia berhaluan neo-Nazi, Patai Bangsa Swedia, Senin (11/5/2015), membubarkan diri setelah anggota partai itu menurun tajam setelah pemilu tahun lalu.

Keputusan pembubaran ini sudah diumumkan lewat pernyataan panjang yang dimuat dalam situs resmi partai setelah para petinggi partai menggelar pertemuan.

Didirikan pada 2008, partai tersebut sejauh ini hanya mampu merebut satu kursi parlemen, pada 2010. Itupun hanya di sebuah kota kecil Graestorp. Wakil partai itu kemudian harus mengundurkan diri karena terbukti adalah penduduk kota yang berbeda.

Pada pemilu 2014, meski mengajukan lebih banyak kandidat dan memiliki sumber keuangan yang lebih besar, partai ini justru mengalami kemunduran besar karena hanya mampu meraup 4.189 suara dari target 10.000 suara.

Meski partai ini secara hati-hati mencoba menghindari semua keterkaitan dengan faham Nazi, namun partai ini memiliki akar di kelompok Front Nasional Sosialis.

Partai ini juga mengkritik Partai Demokrat Swedia, partai politik terbesar ketiga di negeri itu, karena dianggap terlalu mengakomodasi kaum imigran. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com