Kompas.com - 11/05/2015, 17:43 WIB
EditorErvan Hardoko
SANA'A, KOMPAS.com — Pemberontak Houthi, Senin (11/5/2015), mengklaim telah menembak jatuh sebuah pesawat tempur koalisi pimpinan Arab Saudi. Pernyataan ini dikeluarkan tak lama setelah Maroko mengatakan bahwa salah satu jet tempurnya hilang dalam sebuah misi.

"Pertahanan udara kami menembak jatuh sebuah pesawat tempur di Wadi Nushur, Saada," demikian dikabarkan stasiun televisi Houthi Al-Masirah.

Saada adalah salah satu basis terkuat Houthi di wilayah utara Yaman. Dalam laporannya, Al-Masirah menampilkan gambar anggota pemberontak Houthi bersorak-sorai di sekitar puing-puing sebuah pesawat terbang.

Sebelumnya, Maroko mengatakan, salah satu pesawat tempurnya yang bergabung dalam koalisi pimpinan Arab Saudi hilang bersama pilotnya dalam sebuah misi.

Kontak dengan jet F-16 dan pilotnya terputus pada Minggu (10/5/2015) pukul 18.00 waktu setempat. Demikian kantor berita MAP mengutip pernyataan angkatan bersenjata Maroko.

"Pesawat kedua yang terbang dalam formasi itu tak bisa melihat apakah pilot pesawat yang hilang itu sempat melontarkan diri," ujar militer Maroko.

Berdasarkan laporan sejumlah media Maroko, negeri itu mengirimkan satu skuadron F-16 untuk bergabung dalam operasi udara gabungan pimpinan Arab Saudi itu.

Seorang pejabat Arab Saudi mengatakan, saat ini investigasi sedang dilakukan dan difokuskan untuk memastikan lokasi hilangnya pesawat tempur Maroko tersebut.

"Dipastikan pesawat itu hilang di wilayah udara Yaman dan pesawat itu diterbangkan seorang pilot," kata seorang pejabat Saudi yang tak mau disebutkan namanya.

Pesawat F-16 milik Maroko ini adalah pesawat koalisi pertama yang dikabarkan hilang di Yaman dalam operasi serangan udara yang telah digelar selama enam pekan sejak 26 Maret lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.