Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan Berbahasa Arab, Kurangi Kebiasaan Kencing Sembarangan di Banglades

Kompas.com - 06/05/2015, 19:02 WIB
DHAKA, KOMPAS.com - Selama bertahun-tahun, pemerintah Banglades dipusingkan kebiasaan para warga, khususnya pria, buang air kecil sembarangan. Padahal, peringatan larangan buang air kecil sembarangan dalam bahasa Bengali sudah disebar di berbagai sudut negeri. Namun, kebiasaan itu tak kunjung berkurang.

Kondisi itu berujung pada langkah baru yang diambil Kementerian Agama Banglades. Kementerian Agama kemudian membuat peringatan larangan kencing sembarangan dalam tulisan dan bahasa Arab.

Hasilnya, meski sebagian besar warga Banglades tak bisa membaca tulisan itu, ternyata cukup signifikan. Sebab, sebagian besar warga Banglades menganggap bahasa Arab, yang juga digunakan dalam Al Quran, adalah bahasa suci.

"Upaya ini memberi hasil cukup signifikan. Warga Banglades sangat menghormati bahasa Arab dan kami hanya memaksimalkan hal itu," ujar juru bicara Kementerian Agama Banglades, Anwar Hossain.

Sebuah video yang menganjurkan warga agar tidak buang air kecil sembarangan yang dibuat dalam bahasa Arab, menyebar cepat di Banglades sejak diunggah ke media sosial awal pekan ini.

Dalam video itu terlihat sekelompok pria tengah mendekati sebuah tembok dan siap untuk buang air kecil. Namun, saat melihat papan peringatan dalan bahasa Arab, mereka mengurungkan niatnya.

"Saya tak paham mengapa sebagian orang suka buang air kecil di tepi jalan. Padahal, semua masjid di negeri ini menyediakan sarana toilet," kata Menteri Agama Banglades, Matior Rahman, dalam video tersebut.

Namun, usaha pemerintah Banglades itu mendapatkan kecaman dari seorang ulama ternama Banglades, Fariduddin Masud. Dia menganggap penggunaan bahasa Arab untuk larangan buang air kecil menurunkan derajat bahasa Arab.

"Tak seorang pun berhak menggunakan bahasa Al Quran untuk kegiatan semacam itu," kata sang ulama.

"Warga negeri ini sangat menghormati bahasa Arab namun itu tak berarti kami menyetujui penggunaan bahasa Arab untuk menghentikan kebiasaan warga buang air kecil sembarangan," tambah Masud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com